Rabu , Januari 6 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Harga Kopi 25,190 Rupiah/Kg, KUB-ALS Jalin Kemitraan Bersama PT. Nestle.

Harga Kopi 25,190 Rupiah/Kg, KUB-ALS Jalin Kemitraan Bersama PT. Nestle.

LAMPUNG1.COM, Lambar – Sebagai wadah memutus mata rantai perdaganan Kopi, di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Kelompok Usaha Bersama-Alam Lestari Sejahtera (KUB-ALS),  menjadi solusi dibidang pemasaran Kopi yang berperan memfasilitasi sistem penjualan agar petani dapat langsung ke eksportir, prihal ini diperjelas berdasarkan MOU bersama PT. Nestle yang telah terjalin selama 10 tahun terakhir.

Pengelola Suplayer Poktan (Pktan) Kopi Edi Purwanto,  kepada Lampung1.com pada Kamis (04/05), menyampaikan berangkat dari keprihatinan Petani.

Selama ini mata rantai penjualan Kopi dari petani hingga ke eksportir masih melalui pengumpul. Dari pengumpul skala kecil hingga pengumpul skala besar. Sehingga dengan sistem tersebut marginal penjualan tidak masuk kepetani, untuk memutus sistem tersebut agar keuntungan dalam penjualan kopi petani, muncullah inisatif (inofasi) membentuk KUB-ALS berkerjasama dengan PT. Nestle tentang pemahaman kepada petani Kopi seperti standar mutu dan informasi harga pasar yang sebenarnya. Dan saat ini jumlah kelompok yang telah bergabung sebanyak 64 kelompok dari wilayah Kecamatan Sumberjaya hingga Kecamatan Batubrak dengan jumlah petani mencapai 2.350 orang.

Namun diakuinya, sebelum menjual Kopi ke Nestle, petani terbelih diberikan pembinaan untuk mendapatkan sertifikat kopi dengan kriteria mutu Kopi dan produksifitas Kopi petani bisa ditingkatkan guna memperoleh harga yang layak sesuai mutu Kopi.

“Mutu yang diterapkan dalam kemitraan itu Gread 4-B spek kadar air maksimal 11-12 persen, nilai cacat kopi (Difek) maksimal 80 (skor), dan untuk mencapai Gread A-B. Petani diberikan pembinaan seperti cara  pengelolaan pasca panen, lewat  sekolah lapangan, dengan enam modul meliputi managmen kebun, porduktifitas kopi, konervasi lahan dan air, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta  mutu kopi, “ujarnya.

Sehingga terkait itu, pihaknya mengajak petani memiliki kesadaran dalam hal standar mutu Kopi, sehingga harga mutu Kopi dihargai dengan layak sesuai mutu.

Sekedar diketahui, jika dilihat dari standar internasional tingkatan standar Kopi ada enam great , yakni  gread satu, dua, tiga dan  4-a, 4-b, baru great lima 5 dan great 6.  Dan  untuk kualitas Kopi Lambar masih Kopi asalan atau belum masuk gread terendah, artinya belum masuk dalam Standar Gread Internasional, dan harga Kopi greas 4-a yang masuk di Nestle saat ini Rp 25.190,-(Agus salim)

About admin

Check Also

10 Calon Penerima Anugrah Kebudayaan PWI Pusat 2021

LAMPUNG1.COM,Jakarta, 5 Januari 2021 ​Sepuluh Bupati Walikota, calon penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) …

3 comments

  1. nangis petani kopi mah! enak jadi koruptor

  2. petani kopi lambar,seperti tikus mati dilumbung padi’

  3. Kapan petani kopi Lambar menikmati ,klo kembang kopi saja sudah tergadai….mires

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *