Selasa , Desember 29 2020
Home / Mancanegara / Indonesia Tuan Rumah WPFD

Indonesia Tuan Rumah WPFD

LAMPUNG1.COM, Jakarta – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Press Freedom Day yang berlangsung 1-5 Mei 2017, Terpilihnya indonesia menjadi tuan rumah menjadikan kegiatan tersebut untuk pertama kalinya diselenggarakan di Asia Tenggara dalam kurun waktu 15 tahun terahir.

Konferensi WPFD  dihadiri oleh lebih dari 1.300 peserta dari berbagai kalangan, jurnalis, pemerintahan, pengusaha, akademisi dan lembaga non-pemerintah. Beberapa Presiden dan perdana menteri negara lain, termasuk Unesco

Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Lampung, Juniardi  mewakili ketua PWI Lampung yang ikut menghadiri peringatan tersebut berharap peringatan kebebasan pers dapat menjadi momentum bagi para jurnalist dan pemerintah agar dapat lebih menghargai profesi wartawan. Hal itu disampaikannya saat ikut menghadiri peringatan World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Sedunia (WPFD) yang dipusatkan di Jakarta 1-5 Mei.

Juniardi yang juga Ketua Fortalin Lampung berharap kekerasan terhadap wartawan yang selama ini kerap terjadi agar tidak terulang lagi, karena tanpa wartawan masyarakat dan pemerintah tidak bisa menyampaikan dan menerima informasi baik itu yang berkaitan dengan pemerintahan, politik, hukum dan lain lain.

Peringatan hari Kebebasan Pers Dunia ini mulai dilakukan pada tahun 1993 oleh PBB sejak 1993 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kebebasan pers dan mengingatkan pemerintah akan tugas mereka untuk peduli dan menghargai kebebasan berekspresi sesuai dengan artikel 19 dari Universal Declaration of Human Rights

UNESCO menandai World Press Freedom Day dengan mempersembahkan UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize kepada individu, organisasi atau lembaga yang memberikan kontribusinya untuk mempertahankan atau mempromosikan kebebasan pers dimana saja di seluruh dunia, terutama mereka yang harus berhadapan dengan bahaya. Dimulai di tahun 1997, penghargaan ini direkomendasikan oleh juru independent dari 14 wartawan profesional. Nama-nama kandidat diusulkan oleh LSM kebebasan pers regional dan internasional dan negara-negara anggota UNESCO.

Dipilihnya tanggal 3 Mei sebagai peringatan WPFD, juga sebagai Declaration od Windhoek, sebuah pernyataan prinsip kebebasan pers yang dibuat oleh Jurnalist Surat Kabar Afrika di tahun 1991.  (Red)

About Fatih Samudera

Check Also

Danyonif 126/KC Mayor Inf Dwi Widodo,S.H.,M.Han Ucapakan Ini Pada Bank Rakyat Indonesia

LAMPUNG1.COM,Sei Balai – Danyonif 126/KC Mayor Inf Dwi Widodo,S.H.,M.Han, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *