Minggu , Januari 23 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / LPMP Pusatkan Bimtek K-13 Di SDN 1 Sukapura

LPMP Pusatkan Bimtek K-13 Di SDN 1 Sukapura

LAMPUNG1.COM, Lambar – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek), tentang  pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13), kepada  guru sasaran jenjang SD tahap III, bertempat di SDN 1 Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 80 peserta meliputi guru kelas I, kelas IV,  guru Pendidian Agama Isalam (PAI) dan Kepala Sekolah, dari Kecamatan Sumberjaya, Kebuntebu, Gedungsurian, Airhitam dan Waytenong.

Kepada Lampung1.com ,Kepala SDN 1 Sukapura yang juga Ketua Pelaksana, Umi Winarsih, M.Pdi Pada Kamis (4/05) mengatakan,  Bimtek itu sebagai acuan penerapan KTSP, K-13, Tahun Pelajaran (TP) 2017-2018 mendatang.  Sehingga dengan demikian, para tenaga pendidik dan kependidikan benar-benar memiliki keisapan yang matang dalam mengapilkasikan KTSP-K-13 dimaksud.

BACA JUGA:  Jalan TMMD Selesai, Warga Sendang Kulon Tidak Lagi Takut Jalan Licin

Sementara dijelaskan salah satu tim pemateri Ahmad Suryadi, M.M., Tahun 2006 lalu,  nama kurikulum yakni  KTSP, yang penerapannya dilaksanakan dari 20016 sampai 2013, dengan pola penerapan  kurikulum KTSP, dengan pola 2006. Nah, saat ini dilakukannya penyempurnaan menjadi KTSP dengan pola 2013. Pola kurikulum tetap KTSP namun pola kurikulum 2013.

Dimana dengan kurikulum tersebut kelebihan dalam penyempurnaannya, membuat siswa lebih kereatif seperti  mengemablikan pola penanaman karakter, budaya literasi (membaca), penanaman nasionalisme melalui pembiasaan menyanyikan lagu wajib dan daerah, mengenal budaya. Dan program pembiasaan budi pekerti disekolah serta  yang tak kalah pentingnya, sekolah harus menciptakan lingkungan sekolah sebagai taman-taman belajar.

BACA JUGA:  Partai Golkar Bandarlampung Miliki Mobil Ambulance

“Penerapan K-13 menjadikan sekolah Bukan Hanya tempat belajar tetapi sekaligus tempat bermain,sehingga kedepan sekolah harus mendorong agar terbangunya area terbuka hijau asri dilingkungan sekolah” ucapnya.

Terpisah Plh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kecamatan Sumberjaya Joko Purnomo S.E., atas nama pemerintah sangat mendukung terhadap persiapan yang dilakukan para tenaga pendidik dan kependidikan menyongsong penerapan KTPS K-13 yang akan dilaksanakan TP 2017-2018 nanti. Karena hal itu memang wajib dilakukan untuk suksesnya segala program pendidikan yang digulirkan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (Agus Salim)

BACA JUGA:  Terus Dorong Warga Untuk Terus Gotong Royong

 

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Hotel Grand View 99 Diduga Lakukan Kegiatan Ilegal

lampung1.com,Batam- Hotel Grand View 99 yang berada di kompleks Gading Mas Sungai Panas Kota Batam,diduga …

3 comments

  1. Pendidikan karakter sih lebih utama, mau kurikulum brp aja tapi klo gk ada yg namanya landasan pendidikan karakter percuma kan

  2. Ya ! Mudah2an Lancar

  3. ninik tobing

    Semoga pelaksanaan nya tidak terkendala nantinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *