Minggu , Mei 16 2021
Home / Peristiwa / Sejumlah Elemen Sweeping Mobil Angkutan Batubara

Sejumlah Elemen Sweeping Mobil Angkutan Batubara

LAMPUNG1.COM, Way Kanan – Beberapa  elemen yang perduli atas pelanggaran angkutan batubara yang masih melintas di Jalan Nasional Way Kanan melakukan sweeping kepada sejumlah angkutan batubara yang masih mencoba melintas di Kabupaten Way Kanan, Jumat (21/7)

Wakil Ketua DPRD Way Kanan, Beta Juana dan Haris Nasution, langsung turun kelapangan temui supir batubara dan memberikan peringatan keras agar tidak  lagi melintasi di wilayah jalur lintas Sumatra ini pada malam tadi.

Beta Juana menegaskan, dalam pantauanya di sejumlah tempat di sepanjang Jalinsum Way Kanan bersama perwakilan masyarakat Way Kanan, LMND dan pihak kepolisian. Ternyata, menurut dia, masih saja ditemukan sejumlah angkutan batubara yang mencoba melintas di wilayah Way Kanan.

BACA JUGA:  Anggota Satgas TMMD 109 Beri Penyuluhan Kebersihan Kandang Ternak Warga

“Malam ini kita coba turun ke jalan dan ternyata benar masih ada beberapa angkutan batubara yang kita temui dan melintas. Bahkan ada beberapa supir batubara yang sudah kita suruh pulang ke asal perusahanya namun masih saja ditemukan berhenti di salah satu SPBU,” ujar Beta Juana.

Beta menambahkan, melihat gelagat supir batubara yang ‘ngeyel’ seperti itu, dia dan rombongan langsung membubarkan seluruh kerumunan angkutan batubara yang masih parkir baik itu di rumah makan maupun di SPBU di sepanjang  Jalinsum Way Kanan untuk dapat kembali ke tempat perusahan batubara tersebut berasal.

BACA JUGA:  Suara Mesin Molen Sulut Semangat Warga dan Satgas TMMD 109 Kodim Karanganyar

“Jika masih ada angkutan batubara yang melintas di wilayah Way Kanan masyarakat kita akan turun ke lapangan untuk mengusir secara paksa para supir itu dengan cara mereka sendiri. Karena, sudah ada kesepakatan bersama pada saat hearing di Kantor Ketua DPRD Way Kanan beberapa hari yang lalu,” ungkap Beta.

“Yang  saya takutkan itu, saya takut amukan masyarakat. Makanya saya bersama pak Haris Nasution dan Romli serta kawan-kawan dari perwakilan masyarakat, LMND dan pihak kepolisian melakukan pemantauan di sepanjang jalinsum,” terangnya, seraya menambahkan ia memperingatkan bahwa jangan coba-coba nekat kembali melintas di Way Kanan jika tidak ingin diamuk masyarakat Way Kanan.

BACA JUGA:  DPRD Way Kanan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Raperda APBD Tahun Anggaran 2020

Sementara Haris Nasution menyesalkan masih adanya sopir-sopir yang masih coba-coba berusaha meloloskan mobil batubara melintas di Way Kanan, meski sudah ada kesepakatan “zero batubara” melintas di  Way Kanan.

“Kita ga ada nego-nego tuntutan jelas, tak ada batubara lewat Jalan Nasional Way Kanan karena langgar  UU 38 tahun 2004 dan Pergub Lampung no 19 tahun 2014,” pungkasnya.(Aszhari)

About admin

Check Also

Atensi kapolda, Satlantas Kembali Amankan Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor

LAMPUNG1.COM,BANDAR LAMPUNG, Sabtu 15 MEI 2021.Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor di Bandar Lampung tertangkap polisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *