Rabu , Desember 30 2020
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Lambar Terima Penghargaan Adipura untuk Keempat Kalinya

Lambar Terima Penghargaan Adipura untuk Keempat Kalinya

LAMPUNG1.COM, Jakarta – Kabupaten Lampung Barat mendapat penghargaan piala adipura kategori kota kecil untuk keempat kalinya. Piala diserahkan oleh Menteri LH dan Kehutanan RI Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc yang diterima langsung oleh Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri pada acara peringatan hari lingkungan hidup tahun 2017 dan landmark Indonesia di Manggala Wanabakti Kementrian LHK pada pukul 19.30 wib, Selasa malam (02/08).

Dalam acara tersebut Bupati Lampung Barat Drs. Mukhlis Basri di dampingi oleh Kabag Humas Dan Protokol Sekdakab Lambar Surahman SIP, menyampaikan Lampung Barat kembali mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini merupakan rangkain peringatan hari lingkungan hidup 2017 dan landmark hutan Indonesia. Penghargaan dari pemerintah pusat ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang peduli pada masalah kebersihan dan lingkungan hidup.

Bagi kabupaten/kota yang menerima piala adipura untuk pertama kalinya, penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa pagi (02/08), sedangkan bagi daerah yang sudah beberapa kali mendapatkan piala, diserahkan oleh Menteri LHK pada malam harinya.

“karena Lambar sudah ke empat kali mendapatkan piala adipura, maka diserahkan pada malam harinya, alhamdullah pada tahun 2017 Lambar ini berhasil mendapatkan kembali piala adipura kategori kota kecil. Adapun kriteria yang dinilai dalam penghargaan tersebut adalah seperti pengelolan bank sampah, kebersihan lingkungan dan TPAS “, papar orang nomor satu di Kabupaten Lambar tersebut.

Prestasi membanggakan ini merupakan yang diberikan pada daerah yang dinilai mampu menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan, untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat yang peduli akan lingkungan .

Selain menciptakan kebersihan di lingkungan masing-masing, warga juga diajak untuk menjaga kebersihan pada obyek wisata di Lambar, karena seringkali ditemui sejumlah destinasi wisata di Lambar kurang terjaga kebersihannya saat ramai pengunjung.
Khusus untuk penilaian partisipasi masyarakat, mendapatkan nilai plus hingga layak mendapatkan penghargaan . Partisipasi yang dimaksud adalah keterlibatan langsung masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan baik di lingkungan rumah tangga, sekolah dan perkantoran.

“Misalnya saja saat ini sudah banyak masyarakat yang peduli dalam melakukukan pemilahan sampah dengan menyediakan tempat sampah organik dan an organik. Tim penilai adipura pun menilai fasilitas tempat sampah tersebut mudah ditemukan baik di sekolah, perkantoran maupun lingkungan rumah tangga. Selain itu di masyarakat juga sudah mulai banyak dilakukan pengelolaan sampah hingga memberikan nilai tambah secara ekonomis,” terangnya. (Agus Salim)

 

About admin

Check Also

Akhirnya Pencuri Ikan Teri Berhasil Ditangkap Tekab Polres Labuhanbatu

LAMPUNG1.COM,LABUHANBATU – pencuri ikan teri yang meresahkan para pedagang di pasar gelugur, akhirnya berhasil ditangkap …

4 comments

  1. Waw,semoga kedepan nya bisa lebih baik dan mendapat penghargaan lagi

  2. Mantap tim lambar, syaikudin dan uda okmal….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *