Jumat , Januari 1 2021
Home / Kesehatan / Wakil Rakyat Berharap Program “Nemui Nyimah” Bisa Dioptimalkan

Wakil Rakyat Berharap Program “Nemui Nyimah” Bisa Dioptimalkan

LAMPUNG1.COM, Ruang untuk menampung keluhan warga masyarakat, melalui Forum “Nemui Nyimah”, yang di gagas oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, yang digelar secara rutin di Gedung Pusiban, Kompleks Perkantoran Pemda setempat, mendapat dukungan dari Wakil Rakyat DPRD Lampung Timur.

Wakil Rakyat DPRD Lampung Timur dari Fraksi PKB, Maryono, menilai program “Nemui Nyimah” ini sangat efektif  menjembatani keluhan atau persoalan yang dialami oleh masyarakat, untuk disampaikan kepada pemerintah, bahkan langsung di monitor oleh dinas / instansi yang terkait.

“Pada kegiatan Nemui Nyimah ini, keluhan warga bisa langsung di tanggapi oleh dinas terkait, sehingga dalam waktu singkat, persoalan atau keluhan tersebut, bisa dicarikan jalan keluar atau solusi yang terbaik, maka dari itu saya mendukung, program ini bisa dioptimalkan”, terangnya.

“Nemui Nyimah” sendiri dapat diartikan sebagai suatu sikap pemurah, tangan terbuka, suka memberi dan menerima sesuai dengan kemampuan, serta merupakan ungkapan asas kekeluargaan untuk menciptakan suatu sikap keakraban dan kerukunan, dan silaturahmi dalam adat masyarakat Lampung.

Kegiatan “Nemui Nyimah” pada Kamis (14/9), yang dipimpin oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, mencoba mengakomodir keluhan yang disampaikan oleh Siti Yulia, warga Kecamatan Marga Tiga, yang merasa kesulitan biaya untuk mengobati penyakit tumor tulang pada kaki kirinya, sehingga mengakibatkan tidak bisa menggunakan kaki kirinya untuk berjalan.

“Saya pernah berusaha mengurus jaminan kesehatan pada Pemerintah Lampung Timur, lewat Dinas Kesehatan, tetapi belum mendapatkan tanggapan, hingga ahirnya, karena terbentur masalah biaya, sudah 5 tahun ini, saya tidak lagi meneruskan proses berobat kerumah sakit tersebut”, jelas Siti Yulia.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, Mahmud Yunus, yang hadir dalam Forum Nemui Nyimah tersebut, menyatakan siap membantu dan memfasilitasi proses pengobatan pasien tersebut, sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku, karena memang sudah dialokasikan dalam pos anggaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

“Insyaallah, kita akan bantu, bahkan sekaligus didampingi oleh Tim dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, untuk membuat rujukan dari Rumah Sakit Tipe C yaitu RSUD Sukadana, sampai ke Rumah Sakit Tipe A seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta”, tegasnya. (Eko Arif)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Ini Harapan Forkopimda Cilacap Dalam Doa Bersama Sambut Tahun Baru 2021

LAMPUNG1.COM,Cilacap – Menjelang pergantian tahun baru 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Doa Bersama …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *