Kamis , Desember 31 2020
Home / Ruwa Jurai / Lampung Timur / Anggota DPRD Lampung Timur, Berharap Pembangunan Bendungan Marga Tiga, Berdampak Besar Pada Sektor Pertanian

Anggota DPRD Lampung Timur, Berharap Pembangunan Bendungan Marga Tiga, Berdampak Besar Pada Sektor Pertanian

LAMPUNG1.COM, Wakil Rakyat DPRD Lampung Timur, dari Fraksi Partai Demokrat, Taufik Gani, mengharapkan rencana pemerintah yang akan membangun Bendungan Marga Tiga, bisa berdampak maksimal, khususnya bagi para petani di Kecamatan-Kecamatan di sekitar lokasi bendungan tersebut.

“Dengan adanya bendungan Marga Tiga, maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan masa tanam, serta target luas areal tanam, bahkan pada hasil panen yang akan di peroleh para petani di kecamatan yang tercover oleh keberadaan bendungan tersebut”, tegasnya.

Sementara untuk mematangkan rencana tersebut, Asisten Ekbang Propinsi Lampung Adeham, Ketua BBWS MS Syafruddin, Perwakilan Kementrian PUPR, BPN Lampung Timur, meminta pandangan warga Desa Negeri Jumanten dan Desa Trisinar, untuk menyepakati lokasi pembangunan Bendungan Marga Tiga.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendata dan mempersiapkan administrasi bidang tanah masyarakat yang menjadi lokasi pembangunan bendungan dengan luas tanah  76 Ha di Desa Jumanten dan 29 Ha di Desa Trisinar, dari total 19 desa di Kecamatan Marga Tiga, Sekampung, Batanghari, dan Kibang Lampung Timur serta Kecamatan Metro Selatan Kota Metro.

Luasan lahan 2.513 Ha, terdiri dari areal tapal bendungan seluas 105 Ha. Pembebasan lahan rencananya selesai tahun 2017 ini. Sedangkan areal genangan waduk dengan luasan 2.408 Ha akan diselesaikan pembebasannya di tahun 2018. Areal genangan ini akan meliputi Desa Negeri Jumanten dan Tri Sinar.

Nantinya Bendungan dapat mengaliri ribuan lahan pertanian, untuk mewujudkan Lampung sebagai Lumbung Padi Nasional dan swasembada beras dengan peningkatan indeks pertanaman hingga 250%, sebagai konservasi air 800 liter/detik. sehingga bisa meningkatkan ekonomi, termasuk sebagai destinasi pariwisata. (Red)

About admin

Check Also

Akhirnya Pencuri Ikan Teri Berhasil Ditangkap Tekab Polres Labuhanbatu

LAMPUNG1.COM,LABUHANBATU – pencuri ikan teri yang meresahkan para pedagang di pasar gelugur, akhirnya berhasil ditangkap …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *