Kamis , Oktober 29 2020
Home / Ruwa Jurai / Lampung Tengah / Diduga Tidak Harmonis Dispora Lampung Tengah Kacau Balau

Diduga Tidak Harmonis Dispora Lampung Tengah Kacau Balau

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Kacau balau, itulah kata yang menggambarkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lampung Tengah.

OPD yang menaungi bidang kepemudaan serta olahraga se-Kabupaten Lampung Tengah ini, memang sejak berdiri sendiri menjadi sebuah OPD hingga hari ini memang dipimpin Oleh seorang Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas,  Rahardian, S.H,  dan dibantu oleh seorang Sekretaris Dinas Yakni Agoeng Karsajiwa.

Nampaknya hubungan antara kedua Pimpinan di Dispora ini berjalan tidak begitu baik, diketahui terhitung sekitar satu bulan terakhir Dispora sudah memiliki Gedung Sendiri.

Awalnya memang OPD ini menggunakan Gedung Aksara milik Bidang Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah.

Pecah kongsi atau ketidak harmonisan antara Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pora ini tercium sejak Dinas ini berpindah menempati Kantor/Gedung Baru, pasalnya sekretaris Dispora enggan menempati kantor Baru dengan alasan bahwa kantor yang baru belum siap untuk digunakan.

Sedangkan seluruh Staff dan Kepala Dinas beserta pegawai Honorer semua ikut pindah menempati Gedung kantor mereka yang baru, namun sangat disayangkan Agung yang enggan pindah tersebut melakukan penahan beberapa Aset milik kantor diantaranya Finger Print, Kursi Sofa, dan AC.

Sehingga, seluruh staff dan pegawainya harus kekantor lama terlebih dahulu untuk melakukan absensi Finger Print tersebut,  terlebih bagi mereka yang mendapatkan Tunjangan Kinerja alias Tukin,  karena Tunjangan tersebut terintegrasi dengan kehadiran (Absensi).

Saat di Konfirmasi tentang perihal yang seolah terdapat dua matahari di Kantor itu,  Kasubbang Umum dan Kepegawaian Dispora Lampung Tengah, Gusti M Reza, S.Sos., menanggapi santai.

“Saya mah biasa aja bang,  terserahlah. Mau ada dua matahari juga ya terserah,  malah kalau bisa ada empat matahari aja di Dispora, saya sih nyantai aja, “ungkapnya.

Ditempat terpisah,  salah satu pejabat Dispora Lampung Tengah yang enggan disebutkan namanya saat di Konfirmasi menjelaskan bahwa Arogansi Sekretaris Dispora tersebut berdasarkan asumsi pribadi Si Sekretaris sendiri, bahwa dirinya (Sekretaris)  berkedudukan Definitif,  sedangkan Kepala Dinas hanya pelaksana tugas(Plt), .

Berbanding terbalik dengan Asumsi Sekretaris Dispora Lampung Tengah,  Dr. Rudi,  ketua Pusat Kajian Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Lampung mengatakan, Sekretaris bukan pejabat yang mendapat kewenangan untuk mengambil keputusan di Organisasi Perangkat Daerah, yang berwenang adalah kepala dinas meski statusnya masih sebagai Plt, jd apapun itu meski hanya Plt, Plt kepala Dinas mendapat mandat melakukan kebijakan dan pengambilan keputusan sebagai Kepala Dinas yang diwenangkan dalam UU 30 2014 tentang Administrasi Pemerintahan itu” jelas Pakar Hukum Tata Negara ini.

Ditambahkan oleh Rudi “hanya saja kewenangan plt terbatas,  diantaranya tidak dapat melakukan mutasi,  perombakan anggaran yang besar dan lain sebagainya”,Tutup Rudi.

Di tempat terpisah, Amri Madarani Tokoh pemuda Lampung Tengah menanggapi hal tersebut,  Pria Asal Kampung Mataram kecamatan Seputih Mataram ini mengecam Keras Perilaku Sekretaris Dispora yang terkesan menunjukkan Arogansi dan tidak mengerti Struktur Birokrasi di Dispora Lampung Tengah.

“Saya mengecam Keras Perilaku tersebut,  saya Khawatir jika Hal tersebut dibiarkan terus terusan terjadi maka akan berimbas kepada Kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga terutama dalam hal Pengembangan Kepemudaan di Lampung Tengah,” ungkapnya. (Adi)

About admin

Check Also

Kodim 0410/KBL bersama Satgas Penegakan disiplin Protokol Kesehatan

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung, Kodim 0410/KBL bersama Satgas penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 Kota Bandar Lampung …

3 comments

  1. Kepala dinasnya itu yang kesannya Tolol, takut sama sekretaris, ada apa ya?????
    Mungkinkah ada sesuatu?

  2. Nah nah nah kok bisa gitu ya gawat!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *