Kamis , Oktober 21 2021
Home / pembangunan / DPRD Way Kanan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ

DPRD Way Kanan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ

LAMPUNG1.COM,Way Kanan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Waykanan menggelar rapat paripurna penyampaian Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati 2017 dan Pengesahan Raperda Inisiatif DPRD Waykanan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Waykanan, Rabu (30/05/2018).
Hadir pada sidang paripurna tersebut Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, jajaran forkompimda dan para pejabat dilingkup Pemkab Waykanan.

Sidang Paripurna tentang Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017 dan Pengesahan Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Way Kanan dipimpin Langsung Ketua DPRD Waykanan Nikman Karim.

LKPj merupakan implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Penyampaian LPPD kepada Pemerintah, LKPj kepada DPRD, dan Informasi LPPD kepada Masyarakat.

Kepala Daerah sesuai peraturan di atas, berkewajiban menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD setiap akhir tahun anggaran. LKPj berisi gambaran dari berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan, antara lain meliputi, Arah kebijakan umum pemerintahan daerah, Pengelolaan keuangan daerah secara makro, Penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, Penyelenggaraan tugas pembantuan; serta Penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

BACA JUGA:  Pengurus FKPPI Pesawaran 2016-2020 Resmi Dilantik

Selanjutnya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tersebut menjadi acuan bagi DPRD untuk melihat sejauh mana program pembangunan yang telah dilaksanakan dan permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengungkapkan, bahwa dalam proses pembangunan masih terdapat hal-hal yang belum dapat diselesaikan dengan baik pada tahun 2017 yang lalu, maka pemerintah akan terus melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga akan membawa perubahan dan perbaikan yang lebih baik terhadap pembangunan daerah kabupaten Waykanan.

”Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Waykanan, yang telah menjalin kerjasama yang baik selama ini serta mendukung berbagai kebijakan dan program pembangunan daerah di Waykanan yang kita cintai ini sehingga dapat berjalan dengan baik, guna mewujudkan Waykanan yang Maju dan Berdaya Saing 2021,” ujarnya.

BACA JUGA:  Wakil Rakyat DPRD Kota Metro Kritisi Kebakaran Dekat SPBU Kauman

Adipati meminta seluruh anggota Forkompimda, Jajaran Pemkab Waykanan, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Insan Pers, serta seluruh komponen masyarakat yang telah berperan aktif, berpartisipasi serta mendukung berbagai kebijakan dan program pembangunan daerah, sehingga dapat berjalan dengan baik dan aman.

Rapat Paripurna tersebut dihadiri 29 orang Anggota dari jumlah 40 orang Anggota DPRD Way Kanan, dalam sidang Paripurna tersebut dilakukan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tentang Pengelolaan Sampah, yang dalam pengelolaan sampah diperlukan adanya kepastian hukum, kejelasan tanggungjawab dan kewenangan Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten / Kota, pera serta masyarakat dan dunia usaha / swasta sehingga pengelolaan sampah dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kemudian pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan. Raperda ini untuk menjamin kepastian hukum bagi Pemerintah Daerah, stakeholders dan masyarakat dalam pelayanan Administrasi Kependudukan.

BACA JUGA:  Pasca Pembatalan Rolling Pejabat, Gerbong Pemprov Lampung Mulai Bergerak

Sementara Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD tentang Keolahragaan Daerah. Potensi olahraga yang mengarah kepada olahraga prestasi yang dimiliki Kabupaten Waykanan cukup potensial, pembinaan olahraga tidak dapat dilakukan secara ad-hoc ketika ada pertandingan, tetapi harus dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus sebagai suatu kebiasaan, dan harus dilakukan secara berjenjang melalui pembinaan yang dilakukan dari kampung, kecamatan, kabupaten sampai tingkat provinsi. Serta pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD tentang Tata Cara Perencanaan Penyusunan Program Pembentukan Produk Hukum Daerah. Sebagai dasar penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembangunan daerah, maka tertib administrasi dan untuk menjamin kepastian hukum atas pembentukan produk hukum daerah diperlukan pedoman berdasarkan cara dan metode yang pasti, baku dan standart sehingga tidak bertentangan dengan peraturan. (Aszhari)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Majelis Taklim AtTan’im Gelar Maulid Nabi

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung-Majelis Taklim At Tan’im menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar SAW di Musala At Tan’im …

2 comments

  1. Smoga maju dan amanah smua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *