Sabtu , Juli 24 2021
Home / Kesehatan / Bupati Lambar Mengajak Masyarakat Untuk Mesukseskan Pencanangan MR
Parosil Mabsus Menyerahkan Ambulance Secara Simbilis pada acara launcing Ambulance Hebat dan sosialisasi Imunisasi Measles Rubella

Bupati Lambar Mengajak Masyarakat Untuk Mesukseskan Pencanangan MR

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat menggelar Sosialisasi Mencanangkan Imunisasi Measles Rubella (MR) dan Launching Ambulance Hebat Dan Peresmian Puskesmas Rawat Inap Sekincau Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Di Lapangan Kantor Sekincau, Rabu, (01/08/2018).

Acara Yang Di Hadiri Oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lambar Drs.Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial, Anggota DPRD, Asisten Dan Staf Ahli Bupati, Unsur Muspida, Unsur Forkopimda, Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, Pengurus GOW, Kepala OPD Lambar serta undangan lainnya.

Acara tersebut, dimulai dengan pelantikan Pokja KIPI Lambar secara simbolis, kemudian penyerahan Kartu Imunisasi MR, Lauching Ambulance Hebat , penyerahan Kartu KIS Daerah, Penyerahan Beasiswa Kedokteran , Penyerahan Kendaraan Puskesmas Roda 4 dan Roda 2 serta penyerahan bingkisan Lansia ceria serta penyerahan Obat Cacing dan Vitamin A.

Diketahui, Imunisasi campak dan Rubella bertujuan sebagai upaya pencegahan terjadinya cacat atau kelainan bawaan kepada anak-anak. Kelainan bawaan dimaksud yang diakibatkan oleh virus rubella seperti kebutaan, katarak, dan tuli.

Dalam sambutanya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan indonesia berkomitmen untuk mencapai eliminasi measles (campak) dan pengendalian rubella (campak jerman) pada tahun 2020, maka dilakukan strategi nasional melalui beberapa kegiatan salah satunya pemberian imunisasi tambahan measles rubella (MR) kepada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

BACA JUGA:  Bupati H. Parosil Mabsus Kukuhkan 50 Orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka¬†

“Pemberian imunisasi MR dilaksanakan di seluruh Provinsi se-Indonesia dengan 2 fase. fase I dilaksanakan pada tahun 2017 untuk daerah di pulau jawa. fase II dilaksanakan pada tahun 2018 di seluruh daerah di luar pulau jawa termasuk di kabupaten lampung barat,”ujar Bupati.

Parosil Mabsussangat mendukung penuh dilaksanakannya kampanye nasional imunisasi MR, agar anak-anak kita bisa bebas dari campak dan rubella. Karena imunisasi tersebut, bukan hal baru dan kita sudah pernah berhasil melakukannya untuk cacar, polio, dan tetanus.

Dirinya juga menyerukan agar semua anak-anak di Lampung Barat usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun mendapatkan imunisasi MR yang bisa diperoleh pada bulan agustus di seluruh sekolah PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS DAN SMA/MA, serta bulan september diseluruh posyandu, poskesdes, puskesmas dan pos imunisasi lainnya.

Kemudian jumlah anak yang akan mendapat imunisasi MR mencapai 78.506 orang yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Lambar, sehingga memerlukan peran aktif kita bersama agar seluruh anak mendapatkan imunisasi semua demi tercapainya lampung barat yang sehat.

Selain itu, sebagai upaya memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat Lampung Barat kami terus meningkatkan sarana dan prasarana bidang kesehatan. salah satunya meningkatkan status Puskesmas sekincau dari puskesmas non rawat inap menjadi puskesmas rawat inap.

BACA JUGA:  Satgas dan Warga Terus Kejar Target Di Pembangunan Talud TMMD¬†

“Dengan peningkatan status dan fungsi puskesmas sekincau ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat Sekincau yang harus menjalani rawat inap. selain itu puskesmas sekincau dapat menjadi rujukan dari puskesmas non rawat inap sekitar, sehingga masyarakat dapat tertolong dengan cepat,”tegasnya.

“Ambulance hebat dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat yang memiliki identitas lampung barat. program ini dilatarbelakangi dari kondisi geografis kabupaten lampung barat yang sebagian besar merupakan daerah pegunungan, sehingga mempengaruhi penyebaran penduduk yang tidak merata, akibatnya masih ada masyarakat yang mengalami kesulitan saat akan meminta pelayanan kesehatan”,imbuhnya.

Pada tahun 2018 ini telah ada 10 kecamatan yang siap armada ambulance hebat beserta petugasnya. Armada yang tersedia tahun ini tersebar untuk 10 kecamatan yaitu : kecamatan kebun tebu, way tenong, pagar dewa, batu ketulis, belalau, suoh, bandar negeri suoh, balik bukit, sukau dan lumbok seminung. kendaraan ambulance hebat yang telah siap 6 kecamatan dan 4 kecamatan menggunakan kendaraan pusling puskesmas. pada tahun 2019 akan menambah 5 armada ambulan hebat untuk 5 kecamatan lainnya beserta petugasnya dan 4 armada untuk mengganti kendaraan yang telah beroperasi tahun 2018 sehingga seluruh kecamatan mendapatkan ambulan hebat.

BACA JUGA:  Kapolres Lampung Barat Bersama Tim Gabungan Sambangi Rumah Tokoh Pemuda Argomulyo

Pihaknya mengharapkan pelayanan kesehatan lainnya kepada masyarakat adalah kartu indonesia sehat (kis) daerah, kartu ini merupakan bentuk berhatian dari pemerintah daerah kepada masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan sehingga mereka tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan.

program unggulan Bupati pada sektor kesehatan lainnya adalah pemberian beasiswa kepada anak-anak Lampung Barat yang berhasil masuk ke perguruan tinggi Fakultas Kedokteran negeri.

pada tahun ini telah ada 3 orang yang mendapatkan beasiswa ini. mereka akan mendapatkan dana pendidikan mulai dari awal masuk hingga lulus kedokteran.

Diharapkan setelah menjadi dokter mereka kembali ke lampung barat untuk mengabdi dan turut membangun daerah dibidang kesehatan. Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di puskesmas tidak hanya dilakukan kepada anak dan dewasa saja, namun harus kepada seluruh masyarakat termasuk lanjut usia (lansia) yang dititik beratkan pada kegiatan promotif dan preventif.

Hingga saat ini telah ada 77 posyandu lansia yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Lampung Barat. (agus salim/marlin)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Puskesmas Bunut Siapkan 250 Vial, Warga Wayratai Jalani Vaksin Tahap Kedua

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Vaksinasi tahap kedua (2) di Kabupaten Pesawaran mulai dibuka. Satu diantaranya UPT Puskesmas Bunut, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *