Sabtu , Februari 20 2021
Home / pembangunan / Pemerintah Mendorong Optimalisasi Pembangunan Desa

Pemerintah Mendorong Optimalisasi Pembangunan Desa

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Mendorong optimalisasi pembangunan desa melalui Dana Desa, Kementerian Desa PDTT meluncurkan Program Inovasi Desa (PID).

Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama kapasitas aparatur desa dan masih lemah dalam kemampuan tata kelola desa.

Menerjunkan tenaga pendamping ini bermaksud membantu aparat desa dan warga desa mempercepat peningkatan kesejahteraan desa.

Bukan rahasia lagi, hingga saat ini banyak desa yang mengalami keterbatasan kapasitas alias dianggap belum mampu mengelola dana desa untuk menciptakan kesejahteraannya. Kemampuan yang belum memadai itulah yang menimbulkan kekawatiran dana desa yang jumlahnya besar itu akhirnya habis tanpa menghasilkan kemajuan yang berarti. Itulah alasan PID lahir.

BACA JUGA:  Buronan Jambret, Ditangkap Saat Pesta Adat Di Lampung Timur

Pemerintah menyediakan tenaga pendamping professional dari mulai Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa sampai Tenaga Ahli di tingkat pusat. Beberapa agenda yang bakal dilakukan dalam PID adalah penguatan kewirausahaan yang diprakarsai BUMD, menemukan formulasi produk unggulan dan berbagai peningkatan ekonomi desa lainnya.

Agenda kedua adalah peningkatan kualitas SDM. PID bakal mendorong peningkatan kapasitas produksi warga pedesaan dalam jangka pendek maupun panjang. Peningkatan SDM bukan hanya diukur dari peningkatan pendapatan saja melainkan juga mendorong terjadinya pengurangan beban biaya. Peningkatan kualitas SDM juga bakal mendorong warga desa lebih aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan desa.

BACA JUGA:  Bupati Raden Adipati Surya Hadiri Video Conference HUT Bhayangkara Ke-74

Konsentrasi PID yang ketiga adalah pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan yang berhubungan langsung dengan peningkatan perekonomian desa seperti jalan, embung, jembatan dan berbagai infratsruktur yang bakal mendongkrak mobilitas ekonomi warga desa. Pemenuhan infrastruktur juga dimaksudkan untuk meningkatkan kedekatan hubungan sosial masyarakat. Pendampingan dalam PID juga bakal mefasilitasi penguatan Manajemen, Pendampingan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Hal yang paling mendasar dari PID adalah pendampingan PID bakal membawa berbagai inovasi atau kebaruan dalam praktik pembangunan dan mendorong penguasaan pengetahuan pada warga desa untuk mendukung percepatan ekonomi. Dua unsur itu diyakini bakal mendorong kontribusi terhadap pembangunan desa sehingga desa bisa memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pembangunan yang dibiayai APBDesa khususnya DD. PID juga bakal menjawab kebutuhan desa yang berhubungan dengan praktik pembangunan desa yang inovatif sesuai perkembangan jaman sekarang ini.

BACA JUGA:  Lindungi Hak Pilih, KPU Dukung Gerakan Rekam KTP Elektronik

Dari Kemendesa, PID diharapkan bisa mendorong desa menjadi kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk mempercepat pembangunan desa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.(Agung)

About admin

Check Also

Tim Satresnarkoba Polres Kab Tubaba Ringkus Dua Pria Diduga Bandar Narkoba

LAMPUNG1.COM,Tubaba:Tim Satuan Res Narkoba Polres Tulang Bawang Barat melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang laki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *