Selasa , Maret 2 2021
Home / Ruwa Jurai / Tanggamus / Polres Tanggamus Ungkap Kasus Penipuan Di Mesin ATM

Polres Tanggamus Ungkap Kasus Penipuan Di Mesin ATM

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si. didampingi Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit, SH. SIK. M.Si dan Kasat Reskrim AKP Devi Sujana, SH. MH menggelar konfrensi pers terkait kasus penipuan modus di mesin ATM di Polres Tanggamus, Jumat (24/08/2018).

Namun dalam konfrens kali ini hanya menghadirkan 1 tersangka inisial EY (41) dan 2 tersangka lainnya DD(34), NS(41) hanya ditampilkan foto karena masih sakit dan dalam perawatan di Rumah Sakit.

Konfrensi Pers di gelar dimana Polres Tanggamus yang telah berhasil mengamankan para tersangka pelaku tindak kejahatan dengan modus target korban di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terjadi pada Rabu, 15 Agustus 2018 lalu di ATM BRI Indomaret, Jalan KH. Gholib Pringsewu Barat dan ATM BRI di Indomaret, Jalan Jend. Sudirman Pringsewu Barat, dengan korban Ubi Handayani (32) seorang PNS, Kelurahan Pringsewu Barat dan Hj. Marni (69), warga Kelurahan Pringsewu Barat kabupaten Pringsewu.

BACA JUGA:  Skop Menari Ikuti Gerak Tangan Satgas dalam Mengaduk Adonan Semen

Tiga orang dugaan tersangka EY (41), warga Pekon Sinar Banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus, DD (34), warga Pekon Banding Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus yang juga memiliki 2 alamat lain yaitu Sukarame Bandar Lampung dan Cilegon Tangerang Banten NS (41) warga Pekon Sukarame Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus juga memiliki 1 alamat lain, Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung.

Sementara itu sebagai barang bukti telah diamankan juga satu kartu ATM BRI warna biru milik Hj. Marni, dua patahan tusuk gigi, dompet warna hitam milik tetsangka NS, satu kartu ATM Mandiri yang berisi uang diduga hasil kejahatan, topi warna merah, dompet coklat milik tersanka EY,16 kartu ATM dari berbagai Bank, baju lengan panjang abu-abu kotak, celana jeans wrna putih biru, sandal, gergaji besi serta yang Rp. 26 juta.

BACA JUGA:  Bupati Lampura Serahkan Alat Musik Kulintang Pada Masyarakat Abung Timur

Kapolres juga menerangkan kronologis dari kejadian dimana pelaku melakukan perbuatan mencuri uang milik korban dengan cara mementukan target mesin ATM kemudian mengganjal lubang pada mesin kartu ATM. Pada saat kartu ATM korban macet, seketika itu tersangka DD menawarkan bantuan namun itu adalah modusnya menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM palsu yang telah dipersiapkan, bersamaan dengan itu tersangka EY mengalihkan perhatian kasir Indomaret dengan membeli pulsa dan rokok, lantas setelah tersangka DD mendapatkan kartu ATM korban, tersangka NS mendekati korban guna mengintip PIN kartu ATM korban.

BACA JUGA:  Warga Garuntang Bantu TNI Bedah Rumah Buk Narmi

“Dalam penangkapan yang dilakukan oleh tim Polres Tanggamus para tersangka ditangkap Tekab 308 Polres Tanggamus dan bersama Polsek Pringsewu Kota, berdasarkan penyelidikan, keterangan saksi-saki dan rekaman CCTV yang ada di TKP. Tersangka ditangkap secara berurutan yakni EY(41) pada, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 00.30 Wib dirumahnya. Kemudian pada hari yang sama sekitar pukul 13.00 Wib kembali ditangkap NS (41) di gang depan rumah mertuanya di Sukarame Bandar Lampung selanjutnya tersangka DD (34) ditangkap sekitar pukul 14.00 Wib di rumah mertuanya di Pengajaran Teluk Betung Utara Bandar Lampung,”jelasnya.

Atas perbuatannya ketiga tersangka diterapkan oleh penyidik Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.(Adi)

About admin

Check Also

KBM Tatap Muka Di TK Negeri Satu Batu Brak Segera Berlangsung Seluruh Gedung Di Semprot Disinfektan

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – TK Negeri 1 Batu Brak, Melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan itu dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *