Minggu , Februari 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Wawan Hermawan : Pengelola HKM Wana Jaya Harus ber KTP Lampung Barat.

Wawan Hermawan : Pengelola HKM Wana Jaya Harus ber KTP Lampung Barat.

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Kelompok HKM Wana Jaya Reg 44 B beserta jajaran menggelar rapat dan pembinaan kelompok yang bertempat digedung serba guna (GSG) Pekon Suka Jaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat, kamis (16/08/2018).

Acara tersebut, juga merupakan ajang silaturahmi antara pengurus dan anggota kelompok dengan jajaran Dinas kehutanan Provinsi Lampung.

Hadir dalam acara rapat dan pembinaan tersebut, Wawan Hermawan Peratin Suka Jaya, Dinas kehutanan Provinsi Lampung yang diwakili Abdullah selaku Kepala resort KPH 2 Liwa, Agus Budi Darmawan PNNS Polhut,Poniran stap Resort Polhut 44B, dan Zulifia Staf resort, Herlambang Polhut Reg 44B, Aparatur Pemerintahan Pekon Suka Jaya dan Jajaran LHP pekon Suka Jaya, jajaran pengurus HKM Wana Jaya yang berkedudukan dan bermukim diwilayah administrasi Reg 44 B.

BACA JUGA:  Tondi Resmi Pimpin DPRD Kota Metro 2019-2024

Kepala Resort KPH 2 Liwa Abdullah mengatakan, Tanah HKM adalah kepunyaan Negara RI dan yang menggarap Tanah HKM berstatuskan warga Pekon Suka Jaya hal ini tentunya berkaitan erat karena tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain harus saling terkoneksi dan terbangun jalinan kumunikasi antara pengelola Hutan HKM dengan aparatur pemerintahan, HKM pun tidak bisa berdiri sendiri harus tetap dalam pengawasan pemerintahan pekon,pemerintahan kecamatan,pemerintahan kabupaten dan dunia internasional mengawasi.
Pihaknya mengingatkan jika dalam Satu tahun seseorang mengelola hutan HKM diharus maka seorang tersebut harus sudah memiliki,membuat KTP lampung barat baik semua pengurus yang ada dikawasan direg 44B atau memilih mau menjadi warga diluar Lampung Barat.

BACA JUGA:  Dalam Menunjukkan Rasa Terimakasih, Masyarakat Geruntang Ikut Membantu Dalam Bedah Rumah

“Pengelola Hutan HKM harus warga yang Beridentitas Lampung Barat, hal ini akan terus kami godong supaya kemajuan, kesejahtran masyarakat pengelola HKM dapat tercapai,”tegasnya.

Pihaknnya mengaspresiasi Pemerintah Pekon Suka Jaya dalam membantu warganya yang ada hidup diareal HKM,dalam bentuk pengalokasian bantuan pembibitan yang telah dialokasikan dikelompok HKM wana jaya
“tahun lalu telah dibantu bibit tanaman Tajuk tinggi insya alloh dalam rapat terbatas tadi telah dialokasikan juga bibit duren pada tahin 2018.

BACA JUGA:  Mantapkan Sarana Ibadah, Tim TMMD Bojonegoro Gotong Royong Bangun Musholla Kramanan

Wawan Hermawan menjelaskan atas informasi dari penggurus Hamparan Wana Jaya kelompok ini terbentuk delapan tahun silam tepatnya tahun 2010, yang kemudian mendapat izin pengelolaan 5 Tahun,dikemudian diurus kembali menjadi 35 Tahun dengan ketentuan harus menanam tajuk tinggi per hektar 400 Pohon bertajuk tinggi.
“Moto HKM Wana Jaya masyarakat sejahtra hutan lestari begitu pula sebaliknya,lestari hutan masyarakat sejahtera” ucapnya.

Acara tersebut merupakan rapat tindak lanjut yang sebelumnya digelar pada tanggal 8 Agustus 2018 lalu, guna mensosialisasikan larangan merambah hutan yang dilarang, pembakaran lahan, pencurian kayu,dan pemburuan Satwa liar dan bagi yang melanggar peraturan maka akan ditegakkan hukum yang berlaku. (Agus Salim/Sumarlin)

About admin

Check Also

Tokoh Masyarakat Serahkan Senpi Rakitan Ke Mapolsek Metro Kibang

LAMPUNG1.COM, Sepucuk Senjata Api (Senpi) Rakitan berikut 3 Amunisi aktifnya, diserahkan oleh Tokoh Masyarakat, ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *