Jumat , April 16 2021
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Bawaslu Gandeng Kepolisian Wujudkan Pemilu 2019 Damai

Bawaslu Gandeng Kepolisian Wujudkan Pemilu 2019 Damai

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Selasa 18 September 2018 jam 09.10 wib di Aula Pemkab Pesawaran telah dilaksanakan kegiatan Lat Pra Ops Mantab Brata Krakatau 2018 Polres Pesawaran yang bertemakan “Melalu Lat Pra Ops Mantab Brata 2018 Polres Pesawaran dan Jajaran siap mengamankan Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, untuk Mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan Lancar di Wilayah Hukum Polres Pesawaran”.

Kegiatan dihadiri oleh Wakapolres Pesawaran Kompol Sakimin dan Kabag Ops Polres Pesawaran Kompol Agus Susanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran diwakili oleh Komisoner Bawaslu Sdr. Riswanto dan Sdr. Ali nurdin, S.Sos.,i, Ketua KPU Kab. Pesawaran diwakili oleh Komisoner KPU Kab. Pesawaran Sdr. Edi Sutanto, SP dan Sdr. Yatin Sugino, S.E, seluruh Kapolsek Jajaran Polres Pesawaran dan Anggota Polres dan Polsek Jajaran Polres Pesawaran yang terlibat dalam Ops Mantab Brata 2018.

BACA JUGA:  Terus Berlanjut Hobi Dandim Bermotor Keliling Desa TMMD

Dalam sambutannya, Wakapolres Pesawaran Kompol Sakimin mengimbau untuk selalu menjaga sinergitas bersama dengan TNI serta Pemda, lantaran Polri merupakan ujung tombak.

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Pesawaran Sdr. Riswanto mengatakan, bahwa konteks kepemiluan tidak bisa lepas dari kepolisian, Bawaslu diberikan kewenangan besar dalam UU No 7 tahun 2017, Ajudikasi adalah salah satu bentuk tidak puasnya peserta pemilu yang tidak lolos dalam DCS selama rentang waktu yang tidak lama yakni 3 hari.

BACA JUGA:  Demi Kelancaran TMMD Sendang Kulon, Pemeriksaan Kesehatan Anggota Satgas Rutin Dilakukan

“Dalam konteks pengawasan kami masih butuh dukungan dari semua pihak baik kepolisian maupun masyarakat dikarenakan personil bawaslu yang masih sedikit, dengan jumlah dusun yang cukup banyak kami butuh suport dari Rekan rekan, tahap pileg melalui tahap panjang yakni tanggal 23 September 2018 s.d 13 april 2019 butuh peran dari pihak kepolisian dan kami akan terus berkoordinasi dengan kepolisian terkait dengan surat ijin dari Kampanye, setiap peserta yang akan melakukan kampanye harus izin dengan pihak kepolisian”, ujarnya.

BACA JUGA:  Hari Pertama Lebaran, Arinal Djunaidi Gelar "Open House"

“Untuk selanjutnya tidak menutup kemungkinan terjadi pelanggaran Pemilu terkait proses dari pidana pemilu, untuk di Bawaslu terdapat sentra gakumdu yang terdapat di Bawaslu yang berisikan yakni kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu”, pungkasnya. (Agung)

About admin

Check Also

Forum Pancamandala Lampung protes penghapusan pelajaran Pancasila

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung -Forum Panca Mandala Sangbumi Ruwajurai, Provinsi Lampung, mendesak Presiden segera mencabut atau setidaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *