Kamis , April 15 2021
Home / Pendidikan / Bupati Way Kanan Raih Penghargaan API

Bupati Way Kanan Raih Penghargaan API

LAMPUNG1.COM, Jakarta – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mendapat penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia (API) dari ikatan Ikatan Guru Indonesia (IGI) berkat kerjakerasnya membangun pendidikan lebih baik di kota berjuluk kota seribu air terjun itu, jumat (28/09/2018).

Penghargaan tersebut diraih oleh orang nmor satu dijajaran Pemkab Way Kanan tersebut karena ke konsistenan dirinya terhadap upaya peningkatan partisipasi kasar (APK) tingkat SMA dan SMA, Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda), pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, dan juga komitmen terhadap peningkatan kompetensi dan profesionalisme Guru di kabupaten Way Kanan.

Acara yang digelar oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada jumat (28/09/2018) di Jakarta Convention Centre (JCC) kemarin di buka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, acara yang juga dihadiri Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi, Dirjen GTK Kemendikbud dan Kemenag, serta beberapa kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota) se Indonesia tersebut, merupakan penghargaan tertinggi terhadap pejabat yang sangat memperdulikan pertumbuhan dan peningkatan pendidikan di daerahnya masing-masing, baik mengenai peserta didiknya maupun gurunya.

BACA JUGA:  Ada 1.135 Kupon Sembako Murah, Buat Warga Metro Timur

Dalam pesan arahannya, mendikbud berharap kepala daerah yang memperoleh API, agar makin meningkatkan dedikasi dan loyalitasnya terhadap dunia pendidikan, sebab dunia pendidikan menjadi modal dasar pembangunan daerah yang signifikan, sama halnya yang di sampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta,mengingatkan bahwa Filosofi yang ingin ditumbuhkan seorang guru adalah seorang pembelajar. Seorang guru harus memiliki semangat belajar terus-menerus. Bila guru berhenti belajar maka berhentilah jadi guru. Bila guru terus belajar, maka jangan pernah berhenti menjadi guru, karena selama dia belajar terus maka semua yang berada di sekitarnya akan merasakan manfaatnya, baik murid dalam artian peserta didik di sekolah maupun orang-orang yang berada disekitarnya, di rumahnya, dan di lingkungannya.

BACA JUGA:  Dansatgas TMMD Bojonegoro Gowes Bareng Jangkau Desa Ngrancang - Jatimulyo

Penggambaran tentang pendidikan kita sederhana. Hari ini anak kita hidup di abad 21, gurunya abad 20, ruang kelasnya abad 19. Ya, ruangan yang model abad 19 gurunya abad 20, dan anaknya abad 21. Kita tidak mau belajar bagaimana kita bisa memetik merangsang agar anak-anak ini tumbuh lagi. Bukan menanamkan, bukan membentuk, tapi bagaimana kita merangsang dan menumbuhkan. Dan itu membutuhkan kemampuan keterampilan yang berbeda, karena itu kemauan belajar inilah yang membedakan guru berpengalaman dengan guru yang tak berpengalaman.

BACA JUGA:  BRPL : Jangan Korbankan Rakyat Demi Kepentingan Pribadi

Acara yang di dahului Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) IGI se-indonesia tersebut, menurut Korda IGI Way Kanan Suwanto di tindaklanjuti dengan gelaran Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) dan Leader Teacher Training yang akan diselenggarakan di Kabupaten Way Kanan di permulaan November 2018, hal itu menurutnya, sebagai komitmen IGI terhadap program pemerintah kabupaten Way Kanan terhadap upaya peningkatan komptensi dan profesionalisme guru, selain itu hal tersebut merupakan amanah Rakornas yang diikuti seluruh ketua IGI Wilayah dan Daerah seindonesia. (Agus Salim)

About admin

Check Also

Ketua DPRD Batam Pimpin Rapat Paripurna Terkait Laporan Pansus Pembahasan Ranperda Pencabutan Lima Perda Kota Batam

Lampung1.com Batam,Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto didampingi oleh Wakil Ketua II Ruslan M Ali Wasyim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *