Selasa , Februari 23 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Kapolres Lampung Barat Himbau Anggotanya Netral Dalam Pemilu

Kapolres Lampung Barat Himbau Anggotanya Netral Dalam Pemilu

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Tri Suhartanto memimpin Apel pagi di halaman Polres setempat, Selasa (25/09/2018).

Dalam apel tersebut Kapolres menyampaikan arahan tentang Netralitas anggota personil Polri dalam Pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 2019 mendatang.

“Sebagai anggota Polri kita mempunyai pedoman dan larangan dalam Pemilu. Sehingga saya tegaskan anggota dilarang membantu mendeklarasikan bakal Capres, Cawapres maupun Caleg dan juga dilarang menerima, memberikan, meminta atau mendistribusikan janji atau hadiah sumbangan atau bantuan dalam bentuk apapun,” tegas Kapolres.

BACA JUGA:  Terus Dorong Anak-Anak Untuk Patuh Prokes

Selain itu lanjut Kapolres, anggota Polri juga dilarang menggunakan, memasang atau menyuruh orang lain untuk memasang atribut-atribut pemilu, dilarang menghadiri menjadi pembicara atau narasumber pada kegiatan deklarasi rapat kampanye pertemuan partai politik kecuali PAM yang berdasarkan surat perintah tugas.

Menurut Kapolres Banyak yang harus dipahami oleh anggota Polri yang tertuang dalam surat ST/2377/IX/HUK.7.1./2018 tanggal 23/9/2018 tentang pedoman dan larangan bagi anggota Polri dalam Pemilu.
Sanksi penegakan terhadap pelanggaran anggota Polri yang tidak menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pileg atau Pilpres 2019 diantaranya tertera dalam pasal 9 PPRI No 2 tahun 2003 tentang peraturan disiplin dengan rincian teguran tertulis penundaan mengikuti pendidikan paling lama 1 (satu) tahun, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat untuk paling lama1 (satu) tahun, mutasi yang bersifat demosi penempatan dalam tempat khusus paling lama 21 hari. (Agus salim/Sumarlin)

About admin

Check Also

Gara-Gara Dilaporkan Istri, Seorang Suami Di Lampung Timur Dijebloskan Ke Penjara

LAMPUNG1.COM, Seorang suami di Lampung Timur, harus mendekam di ruang tahanan, karena laporan istri, terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *