Kamis , Desember 13 2018
Home / Ekonomi / Lebih Dari 2.600 Koperasi Di Lampung, Dalam Kondisi “SAKIT”

Lebih Dari 2.600 Koperasi Di Lampung, Dalam Kondisi “SAKIT”

LAMPUNG1.COM, Dari ribuan jumlah Koperasi yang terdata ada di Propinsi Lampung, ternyata separuhnya dalam keadaan “Sakit”.

Hal tersebut terungkap, saat Peringatan Hari Koperasi Ke-71, Tingkat Propinsi Lampung, di Lapangan Merdeka Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, pada Kamis (27/9), yang dihadiri oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir Meliadi Sembiring MSc.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Satria Alam, SE MSi, menjelaskan bahwa sesuai data saat ini, jumlah koperasi di Lampung sebanyak 5.432 unit, dan dari jumlah tersebut hanya 54 % atau 2.802 unit Koperasi, yang kondisinya masih aktif, sisanya 46 % atau sekitar 2.630 Koperasi, dalam kondisi Tidak Sehat.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir Meliadi Sembiring MSc, mengharapkan agar Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kota, melalui institusi terkaitnya, bisa segera mengambil langkah untuk menyikapi persoalan-persoalan yang terjadi pada ribuan Koperasi yang dalam kondisi “Sakit” tersebut.

“Perlu segera di siapkan terobosan yang efektif, agar Koperasi-Koperasi tersebut, bisa kembali Sehat, dan mampu ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat, khususnya di Propinsi Lampung ini”, ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Kolabolari Peringatan Hari Koperasi Ke-71 Provinsi Lampung, dengan Pameran Produk Unggulan dan Festival Kain Tradisional Tahun 2018, oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, yang digelar di Lapangan Merdeka Kecamatan Pekalongan.

“Ini terobosan yang sangat baik, karena Kolaborasi kegiatan ini, mampu mendorong Pertumbuhan Ekonomi, serta mengoptimalkan sektor Pariwisata Daerah”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Chusnunia, mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah, tengah mempersiapkan diri untuk merealisasikan Pilot Project Program PAUD Berbasis Koperasi, dengan tujuan menanamkan pentingnya manfaat koperasi sejak dini, sekaligus sebagai momentum kebangkitan koperasi di Kabupaten Lampung Timur.

Disela-sela acara tersebut, dilakukan juga penyerahan Bantuan dan Penghargaan Perkuatan Permodalan, serta Fasilitas Pembuatan Akte Pendirian Koperasi, kepada Koperasi dan UMKM Berprestasi, dari Pemerintah Propinsi dan Kabupaten Lampung Timur. (Eko Arif)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Mekar Mukti “Bangun Desa” Dengan Dana Desa

LAMPUNG1.COM, Desa Mekar Mukti, Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, memanfaatkan alokasi Dana Desa Tahun 2018, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!