Senin , Juli 18 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesawaran / Pemerintah Dorong Inovasi Daerah untuk Peningkatan Ekonomi Pembangunan

Pemerintah Dorong Inovasi Daerah untuk Peningkatan Ekonomi Pembangunan

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menggelar acara Deseminasi dan Pendampingan Inovasi Daerah, dalam rangka Government Award, selasa (04/09/2018).

Kegiatan tersebut mengusung tema Pengembangan Inovasi Daerah Meningkatkan Daya Saing dan Percepatan Pembagunan Kabupaten Pesawaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Bapak Drs. Safrizal ZA, M. Si, serta pemimpin acara oleh asisten 2 bidang perekonomian pembangunan Bapak Munzir Zen, SH. dan diikuti oleh seluruh OPD kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang dibacakan oleh Asisten II mengatakan, berdasarkan peraturan yang ada yaitu undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 386 ayat (2) dan undang-undang no. 18 tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, peraturan pemerintah 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah.

BACA JUGA:  Lawan petugas oknum mantan kades pali yang diduga bandar sabu di tembak mati

“Pemerintah yang inovatif adalah pemerintah daerah yang berhasil mengembangkan inovasi daerah baik dalam bentuk layanan atau penguasaan teknologi yang baik. Oleh sebab itu pemanfaatan inovasi dalam masyarakat sangat penting agar dapat mempercepat pembangunan daerah sesuai dengan kearifan lokal yang dimilikinya.” ujar Asisten II saat membacakan sambutan Bupati.

Selajutnya dipaparkan juga oleh kapus litbang Safrizal definisi inovasi, beliau mengambarkan inovasi adalah segala bentuk perubahan atau pembaharuan dalam penyelengaraan pemerintahan, pada bentuknya ada 3 jenis pertama adalah tata kelola, kedua layanan publik, ketiga urusan kepemerintahan lainya ada 32 urusan, sedangkan inovasi dibagi menjadi 2 bagian daring(online) dan luring(offline).

BACA JUGA:  Nanang Ermanto Apresiasi Kegiatan¬† Safari Budaya

“Dalam pengembangan inovasi ada di dalamnya mekanisme, metode, ada orang yang menjalankan, ada material. Sehingga dapat disimpulkan komitmen pimpinan daerah merupakan key faktor, faktor kunci dalam mendorong perubahan, cirinya di Indonesia ini adalah leader driven artinya pemimpin yang memberi contoh baru bawahan baru bergerak, untuk kedepan hal ini yang akan dirubah,” papar Safrizal.

Masih kata Safrizal, Pemerintah pusat sudah membuka jejaring aplikasi untuk kumpulan inovasi daerah yang sudah dikembangkan, berupa website yang terdiri dari aplikasi yang dapat di download dan dapat langsung bergabung dengan jejaring inovasi seluruh Indonesia yaitu Puja Indah Pusat Jejaring Inovasi Daerah dengan alamat website: inovasi.otda.go.id.

BACA JUGA:  Kebersamaan Tetap Terjaga demi Selesainya TMMD 108

“Dapat dibayangkan apabila perusahaan yang tidak berinovasi maka akan mati, sama halnya dengan pemerintahan, kalau pemerintah tidak berinovasi maka akan mati pula, oleh sebab itu diharapkan adanya inovasi biarpun sederhana, lama kelamaan diharapkan dari hal yang sederhana dapat mewujudkan pembangunan yang besar,” pungkasnya. (Agung)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wakil Bupati Lampung Timur : Pantau & Awasi Aktifitas Belajar Tatap Muka, Jangan Sampai Ada Peningkatan Covid-19″

LAMPUNG1.COM, Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan mampu disiplin dan memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.