Rabu , Februari 24 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Dinas Sosial Lambar Jemput Bola Tangani Permasalahan Sosial di Lambar

Dinas Sosial Lambar Jemput Bola Tangani Permasalahan Sosial di Lambar

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Dinas Sosial Lampung Barat Barat dibawah nakhoda Drs. Gison Sihite selaku Kepala Dinas, dan M. Danang Harisuseno, S.Ag.MH selaku sekretaris mulai meningkatkan kinerjanya dengan sistem jemput bola membantu menangani permasalahan sosial yang terjadi di Lampung Barat.

Penanganan yang telah dilaksanakan mulai tahun anggaran 2018, Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial, Rega Saputra SE mengatakan Dinas Sosial Lampung Barat telah menyalurkan bantuan terhadap musibah kebakaran rumah, ataupun banjir di beberapa kecamatan di Lampung Barat. Beberapa kejadian tersebut diantaranya kebakaran rumah di kecamatan Sukau, musibah puting beliung di Sukau, kebakaran rumah di kecamatan Air Hitam dan Suoh, dan bantuan Gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat bulan Agustus yang lalu.

Sementara Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Ferri Istanto, SE.MM mengatakan bahwa selama ini dibidangnya juga telah membantu dan memfasilitasi permasalahan terkait dengan masyarakat yang terlantar atau miskin yang selama ini mungkin tidak terpantau oleh aparatur baik di tingkat pekon maupun kecamatan serta pendampingan dalam operasi terhadap masyarakat yang terkena penyakit katarak.

BACA JUGA:  Oknum Leasing MAF Diduga Lecehkan Profesi Wartawan

Dalam program pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin Hidayatulloh SH juga mengatakan bahwa untuk tahun anggaran 2018 Dinas Sosial juga telah membantu 40 Kelompok Usaha Bersama ( KUBE ) yang tersebar di 4 kecamatan, meliputi 20 KUBE di Kecamatan Gedung Surian, 8 KUBE di Kecamatan Pagar Dewa, 8 KUBE di kecamatan Way Tenong dan 4 KUBE di Kecamatan Sekincau.

M. Danang Harisuseno selaku Sekretaris Dinas ketika dihubungi pihak media melalui ponselnya mengatakan bahwa saat ini Dinas Sosial Lampung Barat semaksimal mungkin meningkatkan kinerjanya dengan sistim jemput bola.

BACA JUGA:  Pj. Sekda Pesibar Wakili Bupati Buka Sosialisasi Rancangan Portal Online dan SPBE

Dalam setiap kesempatan, Sekretaris yang mantan kabag kesra tersebut menekankan agar para kepala bidang dan seluruh jajarannya selalu mendengar dan melihat kondisi yang terjadi di sekitar kita, dengan memanfaatkan para pekerja sosial yang berada di setiap kecamatan untuk pro aktif membantu kinerja pimpinan mewujudkan Visi Bupati Lampung Barat Terwujudnya Masyarakat Lampung Barat Yang HEBAT dan Sejahtera.

Para Tenaga Kerja Sukarela Kecamatan (TKSK) dan TAGANA yang ditempatkan disetiap kecamatan lanjut Danang merupakan perpanjangan tangan Dinas Sosial dalam membantu mencari informasi, meneliti serta membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kecamatan masing-masing. “Kita sangat bersyukur, mempunyai para tenaga yang selalu siap bekerja setiap saat tanpa mengenal lelah,”katanya.

Gison Sihite Kadis Sosial menambahkan, bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang tertimpa musibah memang tidak seimbang apabila dibandingkan dengan jumlah kerugiannya. Akan tetapi ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah daerah yang diberikan melalui dinas sosial.

BACA JUGA:  Pastikan Stok Cukup, Sertu Jumadi Bersama Warga Cek Material Pelebaran Jalan Setia

Gison pun mengajak kepada semua pihak, baik para donatur maupun pihak pihak lain untuk sama-sama membantu sesama kita yang membutuhkan uluran tangan kita, sehingga proses pengentasan kemiskinan di Lampung Barat ini segera terwujud.

Terkait dengan musibah gempa dan tsunami yang baru baru ini terjadi di Palu,Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah, Gison mengatakan, pihaknya sudah menghadap pimpinan, dan terkait bantuan akan segera ditindaklanjuti. Surat Edaran ke Pimpinan OPD dan Kecamatan akan segera dikirim untuk ikut serta membantu korban gempa di Palu. (Agus Salim/ Sumarlin)

About admin

Check Also

TMMD 110 Tambakrejo, TNI Gotong Royong Bangun Jalan Poros Desa Bersama warga

LAMPUNG1.COM, BOJONEGORO – Anggota TMMD ke- 110 Kodim 0813 Bojonegoro di Kecamatan Tambakrejo turut membantu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *