Jumat , April 16 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Metro / Hari Ini Harga BBM Naik, Rakyat Lampung Kembali Menjerit.

Hari Ini Harga BBM Naik, Rakyat Lampung Kembali Menjerit.

LAMPUNG1.COM, Warga masyarakat, khususnya para pengguna kendaraan bermotor, sangat terkejut, ketika mengetahui adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), yang baru diketahui pada hari Rabu (10/10) siang.

Kurniawan, salah seorang pengguna kendaraan bermotor, di Kota Metro, mengeluhkan kenaikan BBM jenis Pertamax, yang terkesan mendadak, dari Rp 9.700 menjadi Rp 10.600 atau naik sebesar Rp 900, perliternya.

“Tadi pagi saat saya berangkat, saya beli Isi BBM Pertamax untuk Sepeda Motor saya, harganya masih 9.700, tapi siang ini kok harganya tiba-tiba sudah naik, jadi 10.600 perliternya”

Pihaknya sempat mempertanyakan kepada petugas operator SBPU, tentang kenaikan harga BBM tersebut, dan hanya dijelaskan bahwa memang ada beberapa jenis BBM yang mengalami kenaikan harga mulai hari Rabu (10/10), terhitung sejak pukul 11.00 Wib, tetapi terkait penjelasan lebih jauh, pihaknya diarahkan untuk bertanya langsung kepada pimpinannya.

BACA JUGA:  Pjs Bupati Pesibar Buka Sosialisasi Sinergisitas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Pesisir Barat

Keresahan atas kenaikan harga BBM tersebut juga dialami oleh warga pengguna kendaraan lainnya di Kabupaten Lampung Timur, yang juga tidak menyangka bahwa siaang hari ini harga BBM jenis Pertamax, sudah langsung naik, tanpa ada pengumuman di media massa.

“Wajar dong kami masyarakat merasa kaget, kan biasanya kalo BBM mau naik, ada pengumuman dulu secara resmi dari Pemerintah di Media Massa, contohnya di Televisi, tetapi ini kayaknya dari kemarin gak ada berita soal kenaikan BBM, dan tiba-tiba siang hari ini harga Pertamax sudah langsung naik”, tegas warga.

BACA JUGA:  Percepat Pembangunan Bak Air di Lokasi TMMD, TNI gelontorkan Pair

Sementara dilansir dari Situs Resmi PT. Pertamina Persero (www.pertamina.com), diketahui bahwa memang ada penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO, yang dimulai hari ini, dan berlaku di seluruh Indonesia, sejak pukul 11.00 WIB.

Namun untuk harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak mengalami kenaikan, Khusus untuk daerah yang terkena bencana alam, seperti di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik, yang rata-rata menembus 80 dolar per barel, dimana penetapannya mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018, Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

BACA JUGA:  Tim Babinsa Kreatif Satgas Kodim Kudus Cek Tanaman Hasil Pemupukan

Beberapa jenis BBM yang mengalami Kenaikan harga, mulai hari Rabu (10/10) pukul 11.00 WIB ini, antara lain adalah Pertamax dari harga Rp 9.700 naik Rp 900 menjadi Rp 10.600 perliter, Dexlite dari harga Rp 9.200 naik Rp 1.500 menjadi Rp 10.700 perliternya, kemudian Pertamina Dex dari harga Rp 10.750 naik Rp 1.350 menjadi Rp 12.100 perliternya. (Eko Arif)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Kunker Menteri BUMN di Kantor Pertamina Marine Region III Kotaagung Disambut Langsung Oleh Bupati Tanggamus

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Kunjungan kerja (kunker) Mentri BUMN Erik Thohir, di kantor Pertamina Marine Region …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *