Kamis , April 15 2021
Home / Peristiwa / Ini Ketua PWI Way Kanan Terkait Pelarangan Awak Media Meliput Kunker Kejati

Ini Ketua PWI Way Kanan Terkait Pelarangan Awak Media Meliput Kunker Kejati

LAMPUG1.COM, Way Kanan – Hamsah Ketua PWI Kabupaten Way Kanan, menyesalkan  insiden pelarangan awak media saat meliput pelaksanaan kunjungan kerja di Kejaksaan Negeri Way Kanan, Selasa Petang (30/10/2018).
Saat dikonfirmasi, Ketua PWI Kabupaten Way Kanan, Hamsyah, menjelaskan bahwasannya berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, tentang kebebasan pers adalah hak yang diberikan oleh konstitusional atau perlindungan hukum yang berkaitan dengan media.
Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat kesatu disebutkan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara, ayat kedua bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran.
Ayat ketiga bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan ayat keempat bahwa dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai Hak Tolak bahkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 disebutkan antara lain dalam pasal 28F bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
“Sedangkan dalam BAB VIII, tentang ketentuan pidana, Pasal 18 ayat satu setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 Ayat (2) dan Ayat (3) di pidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah),” ungkapnya.
Ditempat terpisah Kepala Kejaksaan Negeri Way Kanan M. Judhy Ismono, saat dikonfirmasi Setelah Acara selesai  Berdalih bahwasannya sebenarnya ini tidak tertutup kemungkinan anggota dan staf di Kejaksaan Negeri Way Kanan hanya menjalankan pelaksanaan kegiatan ini agar kunjungan kerja Kajati Lampung dapat berjalan tertib dan lancar.
“Terkait untuk larangan awak media meliput kegiatan tersebut, pada saat pelaksanaan itu ada sedikit hal-hal yang penting untuk disampaikan kepada bapak Kajati Lampung,” Ujar M. Judhy Ismono, saat wawancara cegat Oleh Awak Media di Kejaksaan Negeri Way Kanan. (Aszhari)

About admin

Check Also

Ini Yang Dilakukan Babinsa Kodim 0209/LB DiBulan Suci Ramadhan

LABUHANBATU UTARA. Lampung1.com – Bulan suci Ramadhan tidak mengendurkan semangat, Kepedulian dan kepekaan Babinsa terhadap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *