Jumat , Februari 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / PKH Dinas Sosial Kecamatan Pagar Dewa Sambangi Kediaman Mbah Roh

PKH Dinas Sosial Kecamatan Pagar Dewa Sambangi Kediaman Mbah Roh

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Mbah Roysid Han yang terkenal dengan nama Mbah Roh, pria tua renta yang hidup sebatang kara sebagai warga terlantar menemui titik terang. Pria tua yang berumur kurang lebih 100 tahun tersebut merupakan penduduk pendatang yang hidup sendiri di kawasan perkebunan kopi di wilayah Pekon Batu Api Kecamatan Pagar Dewa.

Mbah Roh yang notabene orang Situbondo Jawa Timur dan mempunyai turunan darah Afganistan, menurut cerita dari keluarganya di Situbondo pernah menikah dan tidak punya anak pergi mengembara ke Lampung. Puluhan tahun mengembara tidak ada berita, sehingga keluarga besarnya menganggap bahwa Mbah Roh sudah meninggal.

PKH Dinas Sosial yang berada di Kecamatan Pagar Dewa Yudi Apriansyah selaku perpanjangan tangan Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat mengatakan bahwa setelah mendapat informasi dari Dinas Sosial Lampung Barat, dirinya beserta Puskesmas kecamatan Pagar Dewa langsung menuju lokasi tempat tinggal Mbah Roh yang letaknya jauh dari perkampungan,yang berada di perbatasan Lampung Barat – Way Kanan untuk membuktikan kebenaran berita tersebut.

BACA JUGA:  Waster Divisi 2 Kostrad Letkol Inf Wilson Napitupulu Bangga Dengan Batik Tulis Buatan Warga Donomulyo

Menurut informasi dari tetangga terdekat dengan lokasi rumah Mbah Roh, bahwa kurang lebih selama 10 tahun Mbah Roh hidup menyendiri, yang hidup dari belas kasihan tetangganya, baik itu tetangga yang datang musiman maupun tetangga terdekat. Setelah croscek keberadaan yang bersangkutan, dan pihak Puskesma Kecamatan Pagar Dewa mengecek kesehatannya, jarak 2 hari setelah melakukan peninjauan, Dinas Sosial melalui Bidang Bantuan dan Rehabilitasi Sosial langsung menuju ke lokasi tempat tinggal yang bersangkutan untuk memberikan bantuan dalam bentuk sembako, dan pakaian layak pakai. Selain itu Pihak PKH Dinas Sosial yang berada di Kecamatan juga pro aktif melakukan donasi untuk membantu kehidupan Mbah Roh berupa perlengkapan dapur dan tempat tidur.

BACA JUGA:  Cara Jitu TNI Ambil Simpati Warga Dengan Komsos

Selain itu dikarenakan aliran air juga tidak mendukung untuk kehidupannya, Pihak PKH Dinas Sosial kecamatan bekerjasama dengan peratin setempat membuatkan saluran air dan bak penampungan untuk MCK yang bersangkutan.

Lebih lanjut Yudi mengatakan bahwa awalnya Mbah Roh ini merupakan orang mampu, yang tanahnya cukup luas, dan rajin bekerja. Seiring bertambahnya usia yang semakin tua, kebunnya dijual sehingga tanahnya tinggal 1 hektar yang saat ini tinggal belukar. Permasalahan yang timbul adalah sampai saat ini Mbah Roh belum mempunyai KTP dan KK Lampung Barat, karena yang bersangkutan tidak melakukan perekaman sehingga tidak terdaftar dalam kependudukan Lampung Barat.

Setelah dilakukan penelusuran, keluarga Mbah Roh yang berada di Situbondo Jawa Timur mengatakan bahwa pihak keluarga besarnya siap menerima kembali Mbah Roh yang selama ini disangka sudah meninggal tersebut, sehingga kembali ke kampung halamannya.

BACA JUGA:  Bupati Lamsel Sulap Lahan Areal Rumah Dinas Jadi Taman Wisata Edukasi

M. Danang Harisuseno, S.Ag.MH selaku Sekretaris Dinas Sosial yang dihubungi via Ponsel mengatakan bahwa pihaknya setelah mendapatkan kabar terkait peristiwa tersebut, langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada kepala Dinas Sosial Drs. Gison Sihite dan berkoordinasi dengan Kabid Bantuan dan Rehabilitasi agar segera mengambil langkah, untuk berkoordinasi dengan PKH Kecamatan Pagar Dewa dan aparatur pemerintahan setempat terkait berita tersebut.

“Alhamdulillah saat ini kehidupan Mbah Roh sudah membaik dan dapat kita bantu, tinggal kakinya saja masih bengkak karena jarang beraktifitas,” katanya.

Lebih lanjut Danang mengatakan bahwa setelah administrasi kependudukan tersebut diurus oleh pihak pihak terkait, dalam waktu dekat Mbah Roh ini akan dipulangkan menuju kampung halamannya di Situbondo Jawa Timur, tentunya setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pihak Dinas Sosial Situbondo terkait proses pemulangan tersebut. (Agus Salim/ Sumarlin)

About admin

Check Also

Polisi Bongkar Dugaan Aksi Prostitusi Di Raman Utara

LAMPUNG1.COM, Petugas Kepolisian berhasil membongkar dugaan aksi prostitusi diwilayah Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *