Kamis , Desember 13 2018
Home / Pendidikan / SDN 14 Padang Cermin Wakili Pesawaran Dilomba UKS Tingkat Provinsi Lampung

SDN 14 Padang Cermin Wakili Pesawaran Dilomba UKS Tingkat Provinsi Lampung

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Padang Cermin menjadi peserta lomba sekolah sehat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Lampung tahun 2018, Rabu (03/10/2018).

SDN 14 Padang Cermin termasuk mewakili Kabupaten Pesawaran pada lomba kategori tingkat SD/M dalam indikator keberhasilan pembinaan provinsi, tim pembina kabupaten, dan kecamatan.

Ketua Tim penilaiana ketegori TK/RA dan SD/M M. Jauhari mengatakan, pihaknya merupakan tim pembina Nasional, namun saat ini indikator yang dilihat dan dinilai pihaknya adalah keberhailan tim pembina Kabupaten dan kecamatan.

“Instrumen itu sendiri terdiri tiga instrumen tingkat Provinsi, instrumen tingkat kabupaten, instrument tingkat kecamatan, dan instrumen fokus sasaran pelaksanaan UKS di sekolah yang diketuai oleh Kepala Sekolah, ujar Jauhari.

“Program UKS itu penting yang merupakan program sangat mulia untuk diterapkan agar akhlak generasi penerus tidak rusak dan menciptakan jasmani dan rohaninya sehat,” kata dia.

Oleh karena itu sambung Jauhari, mesti dilakukan penyusunan pedoman pembinaan dan pengembangan UKS.
” Bagaimana pendidikan kesehatannya, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat di sekolahnya,” terang Jauhari.

Lebih dari itu, masih menurut Jauhari, SDN 14 Padang Cermin ini bagus dan cukup lumayan. Hal ini sebenarnya kurang pembinaan saja dari kabupaten dan kecamatan dan kedepan berharap akan mengerti dengan program Trias UKS itu.

” Insya Allah, kedepan ada perubahan karena sekolahan ini bagus, luasnya sudah memenuhi dan muridnya bagus,” jelasnya.

Tergantung dengan kepala daerahnya, ujar Jauhari, sekolah ini bisa dirombak menjadi sekolah terunggul sebagai sekolah berprestasi.

” Asalkan Bupati mau, jadi tujuan dari kegiatan ini juga adalah melihat daya ungkit atau indikator keberhasilan pembina provinsi, tim pembina kabupaten, dan kecamatan,” urainya.

Itupun tambah Jauhari, kalau ada pembinaan rutin dari Kabupaten dan Kecamatan, sebenarnya sekolah ini tinggal penataannya saja.

” Dan saya berharap pihak sekolah agar berkoordinasi dan sinergi dengan tim pembina kabupaten dan pembina kecamatan,” tandasnya.

Kepala SDN 14 Padang Cermin, Muslim S. Ag, MM menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan dari para tim penilaian lomba sekolah sehat tingkat provinsi lampung untuk menjadikan sekolah terunggul.

” Yangmana saran dan masukan yang diberikan kepada kami, tentunya menjadi pengalaman yang positif,” kata Muslim.

Meskipun ada kendala, sambung Muslim, tentunya akan berkoordinasi kepada tim pembina kabupaten dan tim kecamatan.

Karena seperti halnya bagian fisik sekolah atapnya masih menggunakan atap asbes yang semestinya beratap baja ringan.

“Itukan atapnya masih asbes, jadi masih banyak yang harus kita perbaiki di sekolah ini. Insya alloh akan kita genjot perbaikan-perbaikan termasuk pengembangan program UKS,” ujarnya.

Ia pun berharap kedepan mendapat pembinaan dalam hal ini dari tim kabupaten dan kecamatan.

” Sehingga sarana dan prasarana sekolah disini bisa dilengkapi,” tanadasnya. (Red)

About admin

Check Also

Polisi Bongkar Sindikat Pembobolan Rumah PNS Di Pekalongan

LAMPUNG1.COM, Jajaran di Lampung Timur, berhasil membongkar sindikat Pembobolan rumah, yang beraksi di wilayah hukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!