Senin , Agustus 2 2021
Home / Peristiwa / Adinata Menilai Fungsi DPRD Way Kanan Melemah

Adinata Menilai Fungsi DPRD Way Kanan Melemah

LAMPUNG1.COM, Way Kanan – DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, yang memiliki fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan perundang-undangan lain nya. Namun apa jadi nya jika DPRD tidak melaksanakan peran sebagai mana mesti nya.

Hal tersebut disampaikan Adinata selaku tokoh masyarakat Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Banjit, Kasui, Rebang tangkas. Yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Way kanan 2 periode.

Dirinya berujar terkait melemahnya kinerja DPRD Kabupaten Way Kanan saat ini, Ia pun angkat bicara terkait mandek nya peran DPR di Way Kanan Menurutnya DPRD Kabupaten Way Kanan telah masuk dalam pusaran “Politik Kapal Keruk” bersama fungsi Eksekutif. Melemahnya fungsi DPRD dalam Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat.

BACA JUGA:  Wujud Kepedulian, Satgas TMMD Bantu Warga Angkat Barang Dagangan

“DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan terhadap kekuasaan eksekutif yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” ujarnya saat ditemui disela-sela aktivitasnya, Rabu (28/11/2018).

“Kawan-kawan di Dewan DPRD Way kanan seharusnya lebih aktif mengkritisi dan memberikan masukan terhadap pemerintah/ Eksekutif saat ini dalam menjalankan kebijakan program kerja yang dijalankannya bukan malah menjadi bagian dari fungsi Eksekutif itu sendiri, ini yang saya bilang “Politik Kapal Keruk”. Ujar Calon Wakil Bupati Way Kanan yang ikut bertarung pada 2015 lalu.

BACA JUGA:  TMMD 107, Satukan Niat Bulatkan Tekad Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Menurutnya, peran dan Fungsi DPRD kabupaten Way Kanan saat ini seperti kembali ke tahun (1966-1998), dimana DPRD hanya menyetujui program-program yang diprakarsai oleh Eksekutif tanpa memiliki kemampuan untuk menganalisa dan mengkoreksi lebih dalam terkait program-program yang diajukan dan dijalankan oleh Eksekutif. Anggota dewan saat ini tidak memiliki kekuatan dan keahlian untuk melakukan analisa secara independen atau untuk meminta masukan dari masyarakat melalui Jaring Asmara.

BACA JUGA:  Dandim Banjarnegara Tinjau Lokasi TMMD Reguler Kebutuhjurang

Hal ini semakin memperlemah fungsi perwakilan DPRD dan kemampuan mereka dalam memastikan bahwa program, pelayanan, dan anggaran pemerintah daerah telah mencerminkan prioritas konstituen/rakyat.

Ditempat berbeda Hamidan Warga Kasui menilai peran DPRD Way Kanan saat ini dalam fungsi pengawasan pembangunan di kabupaten Way Kanan dinilai tidak maksimal.

“Banyak pekerjaan proyek pembangunan yang baru dibangun satu atau dua bulan sudah rusak kembali. Contohnya pembangunan jalan di kecamatan Kasui yang baru dibangun dua bulan yang lalu saat ini sudah rusak kembali,” tegasnya. (Aszhari)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Ketua PPNI Kab Tubaba Belum Menindaklanjuti Persoalan Oknum Buka Praktek Mandiri

LAMPUNG1.COM, Tubaba – Persoalan Oknum yang telah buka praktek perawat pelayanan kesehatan mandiri tanpa mengantongi kelengkapan Izin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *