Kamis , Februari 25 2021
Home / Pemerintahan / Dewi Handajani Resmikan Operasional PLTA Semaka Bersama PT.TEP

Dewi Handajani Resmikan Operasional PLTA Semaka Bersama PT.TEP

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Peresmian operasional Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Semaka 2×28 MW oleh PT. Tanggamus Electric Power (PT.TEP) secara langsung di hadiri dan diresmikan oleh Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani yang berlokasi di Blok 10 Register 39, Sidomulyo kecamatan Semaka kabupaten Tanggamus, kamis (15/11).

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menyampaikan.
“Selamat menikmati keindahan alam di daerah kami yang memiliki motto “Bumi Begawi Jejama” semoga saja dapat menikmati kegiatan selama di Kabupaten Tanggamus ini sehingga sekembalinya dari Tanggamus nanti akan membawa kesan dan kenangan indah serta berkeinginan untuk kembalinya berkunjung ke Kabupaten Tanggamus”ucap Dewi Handajani.

Bupati juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Tanggamus mempunyai banyak potensi destinasi wisata yang bervariasi mulai dari objek wisata laut, air terjun sampai pegunungan.

Dewi Handajani menyampaikan kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh daerah di era globalisasi saat ini, karena sesungguhnya listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakkan setiap aktivitas manusia terutama dalam menggerakkan roda perekonomian.

BACA JUGA:  Pemkab Tanggamus Dan Asponak Gelar Bazar Hewan Kurban

“Dan pada hari ini kita sama-sama hadir di sini dalam rangka peresmian operasional PLTA Semangka di Pekon Sidomulyo Kecamatan semaka Kabupaten Tanggamus provinsi Lampung oleh PT. Tanggamus Electric Power (PT.TEP). Dan dari data yang ada di Pemerintah Kabupaten Tanggamus proses pelaksanaan proyek PLTA Way Semaka ini sudah dimulai sejak tahun 2011 yang lalu.

Dengan adanya PLTA yang memanfaatkan sumber daya air di wilayah ini maka masyarakat dan difasilitasi oleh PT.TEP diharapkan mampu melestarikan sumber daya alam dan menjaga lingkungan yang ada serta dapat menciptakan sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Selain itu juga dapat menyediakan tenaga listrik yang murah dan ramah lingkungan serta dapat berdampak pada kesadaran masyarakat untuk melestarikan hutan sebagai penyangga pelestarian sumber daya air,” ujar Dewi Handajani.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Lampung Timur : “Fasilitas Pelayanan Kantor Samsat Sukadana BURUK”.

Bupati Dewi handajani menambahkan wilayah kabupaten Tanggamus saat ini sedang membutuhkan energi listrik yang cukup untuk menunjang aktivitas industri maritim dan industri penunjangnya, yang rencananya akan dibangun di tahun-tahun mendatang dan diperkirakan kebutuhan listrik mencapai 150 MW sementara pasokan energi listrik di Kabupaten Tanggamus saat ini sangat minim artinya diperlukan sebuah investasi di bidang energi listrik paling tidak sebesar 250 MW,untuk menunjang aktivitas industri serta multiplier effectnya. Dengan keberadaan PLTA ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan listrik bagi industri di wilayah Tanggamus kedepannya.

Bupati optimis dan merasa yakin bahwa Kabupaten Tanggamus kedepan akan semakin maju dan modern,investor akan semakin melirik Tanggamus dengan keberadaan PLTA ini, suplay listrik akan semakin mencukupi untuk memenuhi industri skala menengah sampai skala besar.

BACA JUGA:  Yayasan Global Potensi Bersama Pemkab Tanggamus Gelar Seminar Kepenulisan Dan Launching Buku

Sementara General Manager PT. TEP, Kim Min Ho mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Lampung, Tanggamus dan masyarakat sehingga PLTA Semaka bisa beroperasi.

“Proyek PLTA semaka ini awalnya dibahas saat pulang dari Bali, Setelah itu kami berbicara mengenai rencana Pemkab Tanggamus terkait PLTA kebetulan Lampung masih krisis listrik, sehingga April 2011 Saya berjanji akan menyelesaikan pembangunan PLTA dan janji itu sudah saya penuhi. dengan telah beroperasinya PLTA ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan listrik Lampung pada umumnya dan Tanggamus pada khususnya,” pungkasnya.

Hadir dalam peresmian tersebut Mr.Kim Chang Beom duta besar Korea Selatan, Mr.Park Hyung Koo President dan CEO KOMIPO Company, Mr. Yoo Dung Jong President PT.TEP, Mr. Lim Hyung Chul Gneral Manager PT. TEP serta Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Camat, warga serta para undangan. (Adi)

About admin

Check Also

Jelang Dilantik Dendi-Marzuki, Karangan Bunga dan Banner Hiasi Bumi Andan Jejama

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Menjelang sehari pelantikan H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.IP, dan Kol. (Pur) S.Marzuki, S.Sos …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *