Minggu , Desember 16 2018
Home / Nasional / Jokowi : Masalah Penting Pertanian Kita Adalah Air

Jokowi : Masalah Penting Pertanian Kita Adalah Air

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Setelah sempat diguyur hujan yang cukup deras hingga membuat beberapa bagian tenda bocor, akhirnya kurang lebih pukul 16.00 Wib Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo(Jokowi) serta rombongan tiba di lokasi, dalam kegiatan Temu Petani Lampung Bersama Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo yang berlokasi di Dusun Pelayangan, Pekon Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu,Sabtu (24/11/2018).

Antusias ribuan warga Pringsewu yang telah lama menunggu memadati lokasi walau di guyur hujan terbalas sudah dengan kepuasan dan kegembiraan pada saat hadirnya orang nomor satu di Indonesia ini.

Dalam sambutannya Ir.H.Joko Widodo (Jokowi) menyapa dan menyampaikan rasa senang dan bangga pada warga ataupun para petani yang sempat hadir dalam giat tersebut.

“Kita tau bahasa daerah di Indonesia ini ada ratusan lebih , saya sangat bahagia, senang sekali dapat bertatapmuka dengan para bapak bapak ibu ibu semua .
Sewaktu menuju kesini tadi ada yang bisikin kesaya “pak awas pak becek pak” lah becek ya biasa saya wong ndeso
biasa itu” ujar Jokowi dengan khasnya.

Menyikapi permasalahan yang sedang dihadapi oleh negara saat ini khususnya di bidang pertanian Jokowi menyampaikan betapa pentingnya Air waduk dan bendungan.

“Yang mau saya sampaikan negara kita ini negara besar dari Sabang sampai Meraoke dari Miana sampai Pulau Rote, negara kita ini negara besar dengan penduduk sekarang sudah mencapai 263 juta apa yang mau saya sampaikan negara kita ini negara besar jadi tantangannya juga besar, juga masalahnyapun besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi Jokowi mengatakan, “masalah pertanian sekarang ini yang paling utama adalah air, padahal kita sering mendapatkan hujan tapi memang waduk kita kurang .

“Coba bandingkan sampai tahun 2014 waduk dan bendungan kita 231 bendungan dan waduk di seluruh Indonesia, saya ingin menginformasikan pada bapak ibu sekalian para petani, di China di Tiongkok itu memiliki 110 ribu waduk dan bendungan, India memiliki 1500 waduk dan bendungan, Amerika 60100 waduk dan bendungan, di Jepang memiliki 3000 bendungan dan waduk sedangkan kita hanya memiliki 231 waduk dan bendungan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, inilah pekerjaan besar kita bagai mana cara kita menyediakan air dan irigasi untuk sawah para petani kita tanpa itu lupakanlah yang namanya ketahanan pangan, kita harus sadar itu, waduk kita kurang bendungan kita kurang disini (Pringsewu) kita sedang proses membangun 2 waduk, pak Bupati yang mengajukan kesaya untuk membuat waduk, banyak sekali karena memang tampungan air kita kurang sekali dalam jumlah yang besar. Kalau urusan waduk sudah cukup maka kita memikirkan membangun irigasi irigasinya, baik irigasi primer, skunder, pertier semuanya harus di persiapkan. Ini pekerjaan besar kita sehingga biasanya setahun mananam padi hanya panen misalnya sekali bisa panen dua kali , misal panen dua kali bisa panen tiga kali itu kalau persediaan air kita cukup”

Oleh sebab itu saat ini kita sedang membangun 65 waduk yang kita kerjakan di seluruh tanah air dan itu masih sangat kurang sekali, saya juga sangat menghargai dimana di daerah telah membangun embung embung kecil di desa desa itu juga sangat membantu” Ujar Ir.H.Joko Widodo.

Nampak hadir pula dalam kesempatan itu Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, Bupati Pringsewu H.Sujadi, Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi, serta Gubernur Lampung Priode 2019 – 2024 terpilih Ir.H. Arinal Djunaidi.(Adi)

About admin

Check Also

Andi Surya: Pelepasan dan Pengalihan HPL Way Dadi Dapat Berakibat Hukum di Belakang Hari

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – “Sebuah alas hak yang kuat harus bisa memberi ketegasan atas penguasaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!