Kamis , Februari 25 2021
Home / Peristiwa / PMD Pesawaran Gelar Pembinaan dan Pelatihan Jelang Akhir Tahun 2018

PMD Pesawaran Gelar Pembinaan dan Pelatihan Jelang Akhir Tahun 2018

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Mendekati akhir tahun 2018 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pesawaran menggelar Pembinaan dan Pelatihan dengan waktu singkat.

Meski begitu Kepala Bidang Pembinaan dan Kelembagaan Perangkat Desa PMD Pesawaran, Marleny menyatakan, pelatihan ini agak berbeda sistemnya.

“Saat ini ada sistem baru agar aparatur desa dan pengelola keuangan desa lebih tahu dan mengerti tentang cara sistem kelola keuangan desa dan juga semua sistem yang ada didesa,” ujar Leny usai pembukaan acara tersebut di Balai Desa Hanura, Teluk Pandan, Pesawaran, Senin (19/11/2018).

Menurutnya, kalau pelatihan sering dilaksanakan dan pelatihan ini bagi aparatur Desa dan pengelola keuangan desa.

” Karena jaraknya jauh, maka dibuat zona dengan terbagi dua zona yakni zona I di wilayah pesisir dan zona kedua dilanjutkan pada tanggal 21 November 2018, pusat ibukota Pesawaran,” kata dia.

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Akan Laksanakan Operasi Keselamatan Krakatau 2019

Sambung Leny, saat ini berlangsung di zona pesisir yakni Kecamatan Teluk Pandan, Padang Cermin, Wayratai, Marga Punduh dan Punduh Pedada.

” Pembinaan dan pelatihan ini dilakukan agar kepala desa dan aparatur desa lebih memahami tentang pengelolaan keuangan desa,” ucapnya.

Sebelumnya Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkab Pesawaran, Ariyawan menyebutkan, meskipun agenda kita ini dengan waktu yang singkat.

” Namun diharapkan mampu memberi peningkatan kapasitas bagi aparatur desa dan tidak hanya pada tantangan pada prioritas majerial,” kata Ariyawan
saat membacakan sambutan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

Namun juga sambung Ariyawan, aplikatif, implementatif kepada narasumber dapat juga memberikan wawasan berdasarkan kompetensi keilmuan dan pengalaman praktis dilapangan dalam memperkaya asah pemikiran para peserta ini.

BACA JUGA:  Prajurit Elit TNI Ikut Turun Bantu Warga di TMMD Reg Ke-109

” Saya berharap kepada peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, semoga kita semua semakin semangat untuk mewujudkan desa yang tangguh dan mandiri,” ujarnya.

Sementara itu Kadis PMD Pesawaran, M. Zuriadi melaporkan bahwa kegiatan ini dasar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

” Materi yang diberikan tentang sistem keuangan desa dan sumberdana dari PMD Pesawaran,” kata Zuriadi.

Dimana sambung Kadis PMD itu menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar aparatur pemerintah desa memiliki bekal dan kemampuan dibidang manajemen pemerintahan supaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

” Sehingga kinerja aparatur tingkat desa dalam hal ini aparatur yang nanti melayani masyarakat, semakin meningkat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Plt Gubernur Kepri : Donor Darah Perbuatan Mulia

Tujuan berikutnya ditambahkan Zuriadi, memberikan pemahaman kepada perangkat desa, baik kepala desa, sekretaris desa, kasi.

” Agar kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa yang kompetatif,” terangnya.

Untuk diketahui pelatihan Pembinaan dan Aparatur Desa itu dihadiri puluhan aparatur desa dari kecamatan Teluk Pandan, Padang Cermin, Wayratai, Marga Punduh, dan Punduh Pedada.

Juga hadir, Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkab Pesawaran, Ariyawan, Kadis PMD Pesawaran, M. Zuriadi, Sekretaris PMD, Nur Asikin., Kabid PMD serta Plt. Camat Teluk Pandan, Jayadi Yasa, Edi Sutrisno, Camat Marga Punduh, Darlis Camat Punduh Pedada dan Sekcam Wayratai Darmono. (red).

About admin

Check Also

Pra TMMD, Dandim 0703/Cilacap Meninjau Lokasi TMMD di Desa Karangkemiri

LAMPUNG1.COM,¬†Cilacap – Sebelum pelaksanaan program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I dibuka, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *