Minggu , Februari 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Utara / Guna Minimalisir Permasalahan Hukum Kejari Lampura Luncurkan Sigermas

Guna Minimalisir Permasalahan Hukum Kejari Lampura Luncurkan Sigermas

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara – Dibawah kepemimpinan Yuliana, SH, MH., Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Utara membuat terobosan baru berupa Aplikasi Sigermas.

Hal tersebut guna membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahan hukum.

Aplikasi tersebut, dapat mengakses berbagai pelayanan diantaranya, pelayanan umum, laporan pengaduan masyarakat, pelaporan pengawasan aliran kepercayaan, permohonan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), permohonan penyuluhan hukum dan Penerangan hukum, informasi tilang, dan informasi jadwal sidang.

Layanan Sigermas milik Kejari Lampung Utara tersebut, dapat diunduh di Play Store dan App Store, pada Smartphone.

Tentu saja trobosan yang dilakukan mantan Kordinator Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Medan ini,  guna meminimalisir tindak pidana korupsi, sehingga terciptanya Kabupaten Lampung Utara Bebas Korupsi.

BACA JUGA:  Ibu Kajari Cuci Tangan Sebelum Ikuti Giat Penutupan TMMD ke-107

Sebelumnya,  Kejari Lampung Utara telah memberikan penyuluhan Hukum bagi Aparatur Desa, Jaksa masuk Sekolah serta mediasi Pers untuk menciptakan Lampung Utara bebas korupsi.

Hal tersebut juga sebagai Implementasi fungsi Kejari sebagai pengacara negara dalam menyelesaikan sengketa antara masyarakat, pelaku usaha, perusahaan/kontraktor dengan pemerintahan setempat, serta memediasi antara pemerintah dengan pengusaha/kontraktor sebagai pelaksana jasa kontruksi terkait hutang dengan Pemerintah setempat.

Penghargaan Sidhakarya 2018 dari Kejaksaan Negeri RI adalah salah satu buah manis dari kerja keras Kejari Lampung Utara.

Demikianlah yang menjadi cita-cita alumnus Universitas Trisakti tahun 1999 tersebut dalam menahkodai Kejari Lampung Utara. Tidak hanya itu saja, dirinya berkomitmen mewujudkan peran Kejari Lampung Utara yang lebih tegas, bersih, serta transparan dalam menjalankan fungsinya.

BACA JUGA: 

Berdasarkan penelusuran Wartawan Lampung1.com, terkait dengan aplikasi layanan sigermas sejauh mendapat respon positif dari masyarakat namun tidak sedikit masyarakat yang  belum mengetahuinya dan pengunaan nya.

Seperti yang diutarakan, Andi KT Kepala Desa Margo Rejo, layanan ini diberikan secara online, sehingga masyarakat tidak usah repot-repot lagi kesana kemari, cukup dirumah saja sudah bisa mengaksesnya. Namun, sambungnya, alangkah baiknya program layanan ini disosialisaikan langsung oleh masyarakat.

“Alangkah sempurnanya program ini dapat disosialisasikan ke desa-desa, sehingga masyarakat dapat mengunakan layanan Sigermas, saya sendiri baru mengetahui layanan Sigermas,” ujar Andi KT.

BACA JUGA:  Warga Pemalang Ini Ikut Merasakan Berkah Dari TMMD 107 Kodim Pekalongan

Hal senada juga diungkapkan Humas LSM GMPK Lampung Utara Adi Rasyid, program ini harus di sosialisasikan ke masyarakat bawah, dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahuinya. Jangan hanya di jadikan sebuah simbol saja.

”Saya sebagai masyarakat Lampung Utara memberikan apreasiasi kepada Kejaksaan Lampung Utara atas kinerjanya,” ujarnya.

Salah seorang Rekanan Rahmat Horison Susunan juga mengatakan, layanan terbaru Kejaksaan Sigermas sangat Luar biasa, apalagi disitu ada layanan menyelesaikan sengketa antara masyarakat, pelaku usaha, perusahaan/kontraktor dengan pemerintahan setempat.

“Saya baru mengetahui aplikasinya, ini baru saya mendownload, melihat pelayanan aplikasi ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan, baik bawah, menengah maupun atas,” ujarnya. (Panji Harkenas)

About admin

Check Also

TMMD 110 Bojonegoro, Satgas Bersama Warga Kompak Membuat Pentol

LAMPUNG1.COM,BOJONEGORO – Anggota Satgas TMMD 110 Kodim 0813/Bojonegoro terus melaksanakan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *