Senin , Februari 22 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Lambar Dianugerahi Sebagai Kabupaten Peduli HAM

Lambar Dianugerahi Sebagai Kabupaten Peduli HAM

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dianugerahi penghargaan kabupaten peduli HAM berdasarkan penilaian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHam) Nomor 34 Tahun 2017 tentang kriteria Kabupaten atau Kota peduli HAM.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari HAM sedunia ke 70 pada Selasa, (11/12/2018) di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI H. M. Jusuf Kalla.

Mewakili Bupati Lampung Barat, Parosil mabsus, S.Pd., Sarjak, S.H., Himaya Saputra, S.H., Kabag Hukum dan menerima langsung penghargaan tersebut.

BACA JUGA:  Riana Sari : Arinal-Nunik akan Rangkul Semua Aktivitas Keagamaan di Lampung

Sesuai dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M. HH-01.HA.02.02 Tahun 2018 tentang penetapan Kabupaten atau Kota Peduli HAM pada tahun 2017, dari 3 (tiga) kriteria yang ditetapkan yaitu Kabupaten peduli HAM, Kabupaten cukup peduli HAM, dan kurang peduli HAM. Kabupaten Lampung Barat terpilih sebagai salah satu Kabupaten yang peduli hak Asasi Manusia. Dari penilaian Kabupaten atau kota peduli HAM yang dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI Kabupaten Lampung Barat memenuhi delapan indikator wajib sebagaimana yang diatur dalam PermenkumHam nomor 34 Tahun 2017 tentang kriteria Kabupaten atau Kota Peduli HAM.

BACA JUGA:  Tim TMMD Tiba Dilokasi Pengerjaan Dengan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

“Alhamdulillah Lampung Barat dinilai sangat peduli HAM. Dasarnya yakni hak atas kesehatan terpenuhi, kemudian hak pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, kependudukan,perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. Kabupaten kami sangat concern terhadap HAM”, jelas Sarjak, S.H., Kepala Bagian Hukum Kabupaten Lampung Barat.

Penghargaan ditujukan untuk memotivasi pemerintah daerah Kabupaten atau kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM serta untuk meningkatkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja Pemerintah Kabupaten atau Kota. (Agus Salim/Marlin)

About admin

Check Also

TMMD 110 Bojonegoro, TNI Dan Warga Kompak Dorong Kendaraan Mogok

LAMPUNG1.COM,BOJONEGORO, – Demi mensukseskan program TNI AD dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim …

One comment

  1. Mantap Lambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *