Jumat , Desember 6 2019
Home / Ruwa Jurai / Pringsewu / Banjir Dan Puting Beliung Landa Pringsewu Pemkab Sigap
Foto: Dokumen Adi/Lampung1

Banjir Dan Puting Beliung Landa Pringsewu Pemkab Sigap

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Beberapa saat saja selepas musibah banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pringsewu, pemerintah daerah setempat bergerak cepat. Semua personel dari BPBD dan Satpol PP dibantu aparat setempat melakukan upaya penyelamatan bagi warga terdampak banjir di beberapa kecamatan.
Hujan lebat yang mengguyur Pringsewu, mengakibatkan sejumlah titik lokasi di beberapa desa di sejumlah kecamatan terendam. Sebuah tanggul di bendungan Way Gatol, Gadingrejo, Pringsewu jebol diterjang derasnya air. Banjir juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan di pusat kota Pringsewu macet total, dan melumpuhkan aktivitas warga kota. Sebuah pohon mahoni di Jalan Lintas Barat Sumatera, Dusun Wonokriyo tumbang dan merintangi badan jalan nasional tersebut. Akibatnya, arus lalu lintas di Jalan Lintas Barat Sumatera mengalami kemacetan hingga beberapa kilometer, Sabtu (16/2/2019).
Tidak hanya banjir dan pohon tumbang, angin puting beliung pun menyapu Dusun Tambahsari, Desa Tambahrejo Barat, mengakibatkan sejumlah rumah roboh rata dengan tanah.
Beberapa rumah warga dusun setempat yang tersapu angin puting beliung, diketahui milik Dede Nur Alfian, Muchlisin, Romadi dan Sidik, yang kesemuanya rata dengan tanah.
Sedangkan bangunan rumah yang atapnya habis, diantaranya milik Agus, Tasyikin, dan Komarudin.
Sementara itu, pada hari Ahad (17/2) pagi, Pemerintah Kabupaten Pringsewu langsung menggelar rapat koordinasi penanganan pasca bencana di aula Terminal Gadingrejo, Pringsewu.
Dipimpin Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. rapat ini dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Wijaya, S.T., Kadis Sosial Bambang Suhermanu, S.Sos., Kepala BPBD H.M.Khotim, S.Pd., S.E., Kadis Kesehatan Purhadi, M.Kes., Kadis Ketahanan Pangan Ir.H.Tabrani Mahfi, Kadis Perhubungan Hendrid, S.E., M.M., Kepala Badan Satpol Pamongpraja Edi S.P., S.Sos., Kadispora dan Pariwisata Drs.Syamsir Kasim, Kepala Kantor Kesbangpol Sukarman, S.Pd., serta Kabag Humas dan Protokol H.Ibnu Harjianto, S.Pd., M.M. dan Kabag Tata Pemerintahan Indra Hariyadi, S.H., serta sejumlah sekretaris dinas dan camat di lingkungan Pemkab Pringsewu.
Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. berharap penanganan pasca bencana ini dapat dilakukan secepatnya dan sebaik-baiknya. Ia meminta seluruh pihak untuk saling bahu-membahu membantu para korban terdampak banjir maupun angin puting beliung, sekaligus mengharapkan para korban dapat bersabar dalam menghadapi musibah tersebut, serta memastikan pemerintah daerah akan membantu serta menanganinya secara prosedural.
Seusai rapat, Wabup beserta jajaran Pemkab Pringsewu juga meninjau sejumlah wilayah terdampak banjir dan angin puting beliung, serta mengunjungi para korban. Sejumlah bantuan pun akan segera disiapkan dan segera disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu.(Adi)

940 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About susan

Check Also

Hi.Sujadi Buka Bimteksus Percepatan Penataan Kewenangan Desa

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – 346 aparatur pekon terdiri dari kepala pekon, ketua BHP, sekretaris pekon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!