Selasa , Februari 25 2020
Home / Terkini / Ponpes Darurrohman Tubaba Terapkan Pendidikan Berbasis Karakter
FOTO: Istimewa

Ponpes Darurrohman Tubaba Terapkan Pendidikan Berbasis Karakter

TULANG BAWANG BARAT,LAMPUNGG1.COM – Diakui atau tidak pendidikan berbasis Pesantren sangat berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Baik proses kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun kedisiplinan bagi para santri.
Faktanya sering kita melihat tayangan di televise tawuran antar pelajar, bahkan mahasiswa pada perguruan tinggi ternama masih Nampak terjadi. Namun fenomena tersebut tidak pernah kita dengar atau kita lihat  tawuran pelajar atau santri di salah satu pesantren. Ini membuktikan bahwa pendidikan di pesantren sudah mampu mendidik santrinya dalam pembentukan berkarakter. Demikian disampaikan pengasuh pondok pesantren Darurrohman Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi Lampung, Kiai . M. Durri Abdul Karim, Sabtu (17/2/19).
“Di pesantren Darurrohman ini kami ajarkan materi pelajaran baik pegetahuan umum maupun agama, terutama adab sopan santun selalu kami tekankan,”kata Kiai.
Maka lanjutnya, para orang tua sangat mengharapkan anak-anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan menitipkan anaknya di pesantren Darurrohman. Karena banyak santri yang meraih prestasi membanggakan dalam berbagai perlombaan dan tidak kalah dari pelajar sekolah umum.
Masih menurut Kiai, meski banyak lembaga pendidikan negeri maupun swasta yang dapat dijadikan pilihan bagi buah hati mereka, namun para orang tua ataupun peserta didik mulai melirik pada lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan tersendiri yakni pesantren. Selain itu, perspektif masyarakat di Tulang Bawang Barat, lembaga pendidikan pesantren sudah mulai dianggap sebagai lembaga pendidikan alternatif bagi anak-anaknya.
Masyarakat telah menganggap petuah Kiai sebagai pemimpin pesantren terbukti mampu merubah watak para santrinya. Terlebih saat ini pesantren sudah bertransformasi menjadi sebuah lembaga pendidikan modern yang kental dengan nuansa kekinian. Tidak hanya lembaganya yang memiliki manajemen yang terbuka, namun juga lokasinya yang membuat siapapun akan betah berlama-lama tinggal di lingkungan pesantren. Pondok pesantren Darurrohman saat ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang kebetulan akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMP/MTs, dengan konsep boarding school. Karena pesantren ini telah memiliki MTs dan juga SMK.
Sementara itu menurut Tohir salah satu wali santri lembaga pendidikan yang ada di pesantren ini sangat kental dengan nuansa alam. Karena lokasinya ditengah lingkungan masyaraka yang bernuansa religius.
“Disini masih banyak pepohonan yang berjajar rapi, pohon kelapa, karet yang melengkapi keindahan pesantren. Kesannya seperti berada di cagar alam atau hutan lindung,”ungkapnya.
Pesantren Darurrohman Tulang Bawang Barat juga menerapkan konsep pendidikan dengan nuansa alam. Karena sesekali para santri belajar dengan riang di bawah salah satu pohon yang cukup teduh. Sesekali mereka mengacungkan tangan, antusias mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung kegiatn Belajar diluar ruangan.
Di sisi lain, terihat pula beberapa santri sedang duduk manis sambil menggenggam kitab suci Alqur’an di tangannya. Mereka fokus menghafalkan Alqur’an, yang merupakan salah satu rutinitas wajib bagi mereka.(red).

2,236 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About susan

Check Also

Danbrigif 4 Marinir Kolonel Mar Nawawi Pimpin Apel Gabungan di Sarang Petarung Harimau Sumatera

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M., memimpin langsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!