Selasa , Mei 17 2022

LAMPUNG1.LCOM,Pesawaran–Dalam rangka penguatan dan pengembangan badan permusyaratan desa (BPD) sekabupaten Pesawaran tahun 2019 di gedung galaxi desa wates kamis (28/3). Berdasarkan Permendagri No.110 Tahun 2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BACA JUGA:  KWRI Minta Ketua GMBI Pusat Evaluasi Ketua GMBI Pesawaran, Terkait Ini

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

BPD juga menyalurkan aspirasi dari warga desa pada Kepala desa yang kemudian dijadikan pedoman oleh kepala desa beserta jajarannya dalam melaksanakan program pembangunan desanya. BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

BACA JUGA:  Kapolres Pesawaran Imbau Anggotanya Tindak Tegas Penyakit Masyarakat

Selain itu BPD juga berhak menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) pada agenda-agenda yang mengharuskan adanya Musdes, salahsatunya Musdes membahas rencana lahirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tanpa persetujuan BPD, BUMDes tak bisa melenggang dan membentuk dirinya. Sekaligus BUMDes adalah salahsatu lembaga yang bakal mengawasi jalannya proses yang berjalan pada BUMDes.

Dalam upaya peningkatan kapasitas pemerintahan desa, diselenggarakan Penguatan dan pengembangan Badan pemusyawaratam desa (BPD ) yang secara khusus membahas tentang Permendagri No.110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

BACA JUGA:  Plt Bupati Sidak Kantor BKPPD Lampung Timur

Peserta Mengisi Daftar Hadir.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh anggota BPD dari lima kecamatan yamg ada di wilayah pesisir kabupaten pesawaran. Dalam acara pembukaan yg d buka Asnawi srlaku camat way ratay ,zulkifli Nuh camat teluk pandan,camat padang cermin Darsono,camat marga punduh,camat punduh pidada,turut hadir Sekretaris PMD
kabupaten Pesawaran.

Baca Artikel Menarik di LV

About susan

Check Also

Bupati Lampung Timur : “Pendidikan Pancasila Di Sekolah, Penting”

LAMPUNG1.COM, Bupati Lampung Timur Hi M Dawam Rahardjo menilai masih pentingnya pendidikan Pancasila diterapkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.