Minggu , Mei 15 2022
Home / Pemerintahan / Bawaslu Beserta Gakumdu Akan Tindak Lanjuti Kecurangan Pemilu  di Kecamatan Dente Teladas

Bawaslu Beserta Gakumdu Akan Tindak Lanjuti Kecurangan Pemilu  di Kecamatan Dente Teladas

Lampung1.com Tulangbawang–Bawaslu Kabupaten Tulangbawang nyatakan jika laporan Hartono Caleg PAN Dapil Dente Teladas terhadap 23 KPPS siap di eksekusi oleh Gakkumdu.

Hal tersebut setelah dilakukanya klarifikasi terakhir terhadap Hartono, pada Senin (29/4)  serta penguatan alat bukti dan saksi-saksi pendukung atas laporanya mengenai dugaan kecurangan yang dilakukan oleh 23 KPPS.

Ketua Bawaslu Tulangbawang Rachmad Lihusnu, menjelaskan jika pihaknya bersama Gakkumundu akan segera melakukan rapat internal terkait dengan laporan Hartono terhadap 23 kpps se Kecamatan Dente Teladas.

Menurut Rachmad, 23 KPPS dilaporkan oleh caleg PAN Hartono lantaran mereka KPPS diduga telah melakukan berbagai pelanggaran pemilu kategori pelanggaran Pidana.

“Mereka diduga oleh terlapor yakni Hartono berbuat curang, menambah dan mengurangi perolehan suara, jadi perolehan suara Hartono caleg PAN nomor urut dua dikuranggi sementara perolehan suara caleg PAN nomor urut satu bertambah, diduga tambahan suara tersebut adalah perolehan suara caleg nomor dua, semua fakta diungkap sendiri oleh pelapor, ” ungkap Rachmad, Selasa (30/4).

BACA JUGA:  Supriyadi berharap Bupati Buka Konfercab VI PWI Lamsel

Sementara ditempat yang sama Kordiv Pencegahan dan Penindakan Fauzi Ibrahim, menjelaskan walaupun laporan telah selesai diregestrasi serta diklarifikasi prosedur alur proses laporan tetap dijalankan.

“Semua bukti-bukti telah diberikan oleh Pelapor bahkan tiga orang saksi pendukung yang diajukan oleh pelapor sudah dilakukan pemeriksaan, artinya laporan hartono sudah cukup dan selanjutnya  akan kami tindak lanjuti, kami akan jadwalkan pemanggilan terhadap terlapor yakni 23 kpps, sekecamatan dente teladas,karena sementara mereka sebagai terlapor, “ujarnya.

BACA JUGA:  Chusnunia Jaga Kebugaran Lewat Yoga.

Kendati demikian lanjut Fauzi, tidak menutup kemungkinan usai pemeriksaan terhadap para KPPS, jika ditemukan bukti kuat maka pihaknya juga akan panggil para caleg.

“Tergantung nanti hasil pemeriksaan kpps, jika semua yang mereka lakukan atas perintah oknum caleg maka siapapun caleg yang disebutkan pasti akan dipanggil, ini pintu masuk untuk mengungkap fakta siapa saja yang terlibat dalam kecurangan jika terbukti akan ada sanksi tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tukasnya.

Sepertinya kasus indikasi kecurangan pileg diwilayah dente teladas Tulangbawang menjadi bom waktu yang siap meledak menjurus terhadap para oknum caleg tertentu.

BACA JUGA:  Camat Metro Timur : “Banyak Rumah Kos Belum Berijin, Sektor PAD Tidak Optimal”

Selain mengungkap kecurangan sesama Caleg PAN yakni Muklas Ali Wahyudin, Hartono dalam waktu dekat akan membongkar kecurangan oknum caleg asal sebuah Parpol Ternama, bahkan terdengar spekulasi jika caleg tersebut merupakan orang dekat pimpinan Tulangbawang.

Sepertinya Ancaman Hartono tidak main-main sebelum membongkar fakta baru kecurangan tersebut  dalam waktu dekat dirinya secara resmi akan meminta Perlindungan Terhadap LPSK.

“Saya pegang fakta baru indikasi Pengelembungan suara yang dilakukanya oleh oknum caleg asal partai ternama, semuanya akan saya bongkar,saya tidak main-main saya pegang bukti-bukti kuat, keterlibatan banyak pihak, “ujarnya. (Anggi)

Baca Artikel Menarik di LV

About susan

Check Also

Pemerintah Lampung Timur Gelar Halal Bihalal & Olahraga Bersama

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, menggelar acara halal bihalal, serta olahraga bersama, dihalaman kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.