Minggu , Mei 15 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Di Lampung Barat, Seorang Bayi Lahir Dengan Kelamin Ganda

Di Lampung Barat, Seorang Bayi Lahir Dengan Kelamin Ganda

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Seorang balita, anak dari pasangan Siswanto (23) dan Yuni Lestari (20), warga Pekon Kembahang, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mengalami kelainan yakni lahir dengan kelamin ganda.

Saat ini, pihak keluarga masih kebingungan, lantaran bayi yang lahir pada Kamis (18/4/2019) melalui operasi Caesar di Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) itu belum mendapat penanganan hingga empat hari pasca dilahirkan.

Saat dikonfirmasi, Peratin Kembahang Donal Hentrisa M.Kes., membenarkan bahwa anak dari pasang suami istri Siswanto dan Yuni Lestari tersebut merupakan warga setempat. Menurutnya, kini pihak keluarga sedang kebingungan lantaran belum ada tindaklanjut terkait langkah penanganan kepada buah hatinya tersebut.

BACA JUGA:  TMMD 110 Tambakrejo, TNI Bojonegoro Menyempatkan Diri Mendampingi Penyerahan Motor Bank Sampah

“Informasinya kondisi bayi memang ada kelainan (berkelamin ganda), kami sudah menghubungi pihak keluarga dan mereka masih bingung, sebab belum ada tindaklanjut dari pihak RSUDAU,terangnya.

Sementara, kata dia, pihak keluarga juga telah mengkonfirmasi pihak Rumah Sakit  Umum Daerah Abdul Moeloek Bandarlampung namun menurut kabar, rumah sakit itu pun tidak mampu melakukan penanganan.

“Pihak keluarga juga sudah menghubungi RSUDAM tapi infomasinya di sana belum ada kesanggupan, sehingga pihak keluarga masih kebingungan, sebab kalau pun hendak dirujuk keluar wilayah Lampung ada kendala pada biaya, tuturnya.

BACA JUGA:  Buka Konferkot PWI Kota Metro, Supriyadi Disambut dengan Adat Lampung

Masih kata Donal, meski kedua orangtuanya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri namun keluarga kesulitan untuk memenuhi biaya operasional di luar daerah. Sebab keduanya merupakan salah satu warga kurang mampu di pekon  setempat.

Kami masih menunggu apa langkah dari pihak RSDAU, kalau mereka menyarankan rujuk maka kita upayakan rujuk dan berharap ada uluran tangan dari para dermawan,imbuhnya.

Sementara, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Agus Darma Putra S.P, M.Si.,mengatakan bayi berkelamin ganda tersebut masih dalam fase observasi, sebab petugas medis masih akan melihat perkembangan untuk menentukan genetika bayi tersebut.

BACA JUGA:  Non Fisik TMMD Kodim Kendal, TNI Perhatikan Penderita Difabel

Saat ini memang masih dalam fase observasi, dan membutuhkan waktu untuk melihat genetika bayi itu condongnya kemana, apakah ke laki-laki atau perempuan, jadi pihak keluarga kami minta agar bersabar,terangnya.

Untuk penanganan lebih lanjut, kata Agus, dibutuhkan lebih dari satu dokter anak untuk melakukan konsultasi terutama dalam menentukan genetika bayi tersebut, namun sejauh ini pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah akan dilakukan rujuk.

Belum bisa kita simpulkan apakah akan di rujuk atau tidaknya karena kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan para dokter spesialis anak, untuk perkembangan selanjutnya segera kami informasikan,pungkasnya.(Marlin)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Meriahkan HUT Ke-6, Media LAMPUNG1.COM Gelar Tournament Catur Tingkat Provinsi Lampung

LAMPUNG1.COM, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, Wirahadikusuma, didampingi Pimpinan Redaksi Eko Arif Yulianto, dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.