Senin , Mei 16 2022
Home / Pendidikan / AKHI Gelar Penyuluhan Kesehatan

AKHI Gelar Penyuluhan Kesehatan

Lampung1.com- Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung adakan penyuluhan dan pengecekan kesehatan kepada calon jamaah haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Darul Fattah, Minggu (07/04/2019).

Dalam sambutan dr. Zam Zanariah,Sp.S.M.Kes, ketua AKHI Provinsi Lampung memaparkan kiat-kiat dalam pelaksanaan ibadah bagi para calon jemaah haji.

“Ibadah haji berbeda dengan ibadah lainnya. Dalam pelaksanaannya tentu melibatkan perpaduan antara kegiatan fisik dan mental., jadi mulai sekarang harus sudah dipersiapkan semuanya.,”ucapnya.

Ibadah haji lanjut beliau,” merupakan perintah Allah kepada setiap manusia yang mampu. Luruskan niat dan kobarkan semangat dengan perasaan tulus dan ikhlas bahwa menunaikan ibadah haji hanya karena melaksanakan perintah Allah dan mengharapkan ridho-Nya semata., Beliau berharap para calon jemaah haji kabupaten paser agar dapat mempelajari buku manasik haji, dan ketika para jemaah sudah berangkat melaksanakan ibadah haji agar dapat menggunakan waktu sebaik mungkin untuk selalu beribadah dan perbanyak do’a,”pesannya.

BACA JUGA:  Workshop Senematografi Pelajar diikuti 100 pelajar

Diakhir sambutannya beliau juga mendoakan para calon jemaah haji mudah-mudahan semuanya sehat, lancar ibadahnya dan kembali ke tanah air dengan selamat.

Ada pun pemateri dalam acara tersebut yakni dr. Edy Ramdhani, DR. dr. jhons Fatriyadi M.Kes dan dr. Sri Aryanti MM, M.Kes.

dr.Edy mengungkapkan jamaah haji yang sakit akan mengalami gangguan aktivitas, sehingga akan mengganggu kegiatan ibadah selama di tanah suci.
Jamaah harus tetap menjaga kesehatannya dalam melaksanakan ibadah haji.

Ada pun materi yang di sampaikan dalam acara tersebut tersimpulkam sebagai berikut; ditanah suci banyak faktor lingkungan yg mempengaruhi kesehatan misalnya, Aktifitas ibadah yg membutuhkan fisik seperti tawaf dan sa’i.
– Cuaca yang panas
– Kelembaban udara yang rendah
– Banyaknya debu
Yang kesemua faktor tersebut dapat mempengaruhi jemaah terutama yang mempunyai penyakit hipertensi dan diabetes melitus.

BACA JUGA:  Bupati Tingkatkan Mutu Pendidikan Dengan Bagi SK

Maka jemaah haji harus melakukan usaha untuk tetap menjaga kesehatannya dengan cara :
– Memakai Alat Pelindung Diri misalnya payung, topi atau sorban utk melindungi sengatan panas. Serta menggunakan sandal untuk mencegah kaki melepuh.
– Menggunakan semprotan air yang sudah dibagikan diasrama haji untuk menjegah sengatan panas dan menjaga kelembaban panas.
– Untuk jemaah yang mengkonsumsi obat rutin misalnya obat hipertensi atau diabetes melitus selama melakukan aktifitas ibadah ditanah suci untuk tetap mengkonsumsi obatnya secara teratur.
– Apabila mengalami keluhan terhadap kesehatannya jemaah dapat berkonsultasi ke Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang ada di kloter.
– Selama beraktifitas jemaah harus banyak mengkonsumsi air minum untuk mencegah dehidrasi. Air [email protected] sudah banyak tersedia di masjidil haram.
– Untuk menjaga kebutuhan elektrolit tubuh jemaah harus mengkonsumsi oralit yang sudah dibagikan di asrama haji.
– Karena aktifitas ibadah hajj berat maka jemaah harus mengkonsumsi makanan yang sudah disiapkan secara teratur, atau dapat mengkonsumsi kurma yang kandungan karbohidrat dan gizinya sangat bagus untuk tubuh.
– Jemaah dapat menjaga kesehatannya dengan cara memperhatikan kondisi tubuh saat beribadah, jemaah harus cukup beristirahat.

BACA JUGA:  Pansus DPRD Lambar Bahas Nasib Dunia Pendidikan Bersama Plt Disdik Bulki Basri

Semoga denga kondisi tubuh yang sehat jemaah yg sudah menanti cukup lama untuk berhaji dapat beribadah dengan khusuk.

Pada kesempatan ini juga disampaikan pelayanan kesehatan (KKHI) di arab saudi yang mempunyai pasilitas yg lengkap seperti : dokter spesialis, dokter umum, perawat dan penunjang seperti laboratorium dan farmasi, ruang perawatan serta icu yang ditunjang dengan peralatan yang canggih.

“Haji sehat, haji mabrur”.

Baca Artikel Menarik di LV

About susan

Check Also

Bupati Hadiri Halal Bihalal MKKS SMP Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Bupati Hi M Dawam Rahardjo, menghadiri acara halal bihalal, yang digelar oleh Musyawarah Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.