Sabtu , Agustus 24 2019
Home / Ekonomi / Demi Kemajuan Perangkat Tiyuh Diminta Ikuti Kegiatan Bursa Inovasi Desa

Demi Kemajuan Perangkat Tiyuh Diminta Ikuti Kegiatan Bursa Inovasi Desa

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat–Pogram Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Program Bursa Inovasi Desa (PID) Cluster I tahun 2019 kabupaten Tulang Bawang Barat Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik dan Tumijajar, resmi dibuka, kegiatan pembukaan di tiyuh Pulung Kencana kecamatan RTulangbawang Tengah, Kamis (2/5/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Asisten tenaga ahli pemberdayaan masyarakat Tubaba Hj.Munyati MM.Pd, tenaga ahli P3MD Prov.Lampung Dini Destini, camat Tulangbawang Tengah Nur Muhammad, Camat Tulang Bawang Udik Tausin, Camat Tumijajar Rasyid, dan seluruh Kepalo Tiyuh dari kecamatan TBT, TBU dan Tumijajar, pendamping desa Tim pelaksana inovasi desa (TPID) dan para tamu undangan lainya.
Tenaga ahli pemberdayaan masyarakat Kabupaten Tubaba Hj. Munyati mengatakan, Pogram Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.“Program ini menjadi stimulan untuk mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang lebih berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) sebagai bagian dari Program Inovasi Desa, diharapkan menjadi forum untuk penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa.“Saya tekankan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan media belajar bagi Tiyuh untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa,” katanya.
Ia pun berharap dari ajang ini akan terjadi pertukaran teknik dan informasi tentang cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan Desa. Selain itu, diharapkan juga akan terjadi pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Kepada seluruh Kepalo Tiyuh, Ketua BPT, dan Tokoh Masyarakat Tiyuh saya harapkan agar dapat mengikuti kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dengan sebaik-baiknya, sehingga mendapatkan informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan di tiyuh masing-masing, dan nantinya para kepalo Tiyuh beserta tokoh dan perangkat Tiyuh kiranya dapat menerapkan berbagai teknik dan informasi yang didapat, yang tentunya disesuaikan dengan karakteristik dan permasalahan yang ada di Tiyuh masing-masing.(Susan).

1,249 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About susan

Check Also

30 Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat Resmi Dilantik

30 anggota DPRD Tulang Bawang Barat yang resmi menjabat serta siap menjalankan anamah Rakyat yang masing-masing dari beberapa Partai Politik diantaranya, PDI Perjuangan sebanyak 7 orang, Ddemokrat 6 orang, NasDem 5 orang Gerindera 4orang, Hanura 3 orang, Perindo 2orang, PAN 2 orang serta PKB 1 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!