Selasa , Mei 17 2022
Home / Pemerintahan / Kadis Sosial Pringsewu Buka Bimtek Penerima Manfaat Kelompok Usaha Bersama Kabupaten Pringsewu Tahun 2019

Kadis Sosial Pringsewu Buka Bimtek Penerima Manfaat Kelompok Usaha Bersama Kabupaten Pringsewu Tahun 2019

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Kepala dinas sosial kabupaten Pringsewu Bambang Suharmanu S.Sos membuka kegiatan bimbingan teknis penerima manfaat kelompok usaha bersama kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung tahun 2019, yang digelar oleh Direktorat penanganan fakir miskin wilayah 1 Kemensos RI yang dilaksanakan di di aula gedung serbaguna Kecamatan Sukoharjo, Selasa (21/5/2019).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan dari Direktorat penanganan fakir miskin wilayah 1 Kementerian Sosial RI Widyanti Sri Lestari S.Sos,
Lela Nurida MSI. Nampak juga hadir petugas provinsi dari dinas sosial Provinsi Lampung Dra.Hafeana, Camat Sukoharjo Ediyanto, kepala Pekon Sukoharjo, pendamping KUBE Pringsewu kelompok kelompok KUBE calon penerima bantuan.

BACA JUGA:  DPP Gerindera Tunjuk Supardi Sebagai Ketua DPRD Sumbar

Dalam penyampaiannya Bambang suharman mengatakan “Kemiskinan merupakan fenomena yang kompleks dan fundamental. Permasalahan ini dinilai muncul dari aspek internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kesenjangan antar daerah antar sektor, dan kesenjangan manusia atau golongan. Sedangkan faktor eksternal berupa tantangan meningkatkan daya saing untuk bersaing dengan pasar” ujarnya.

Program bantuan sosial penanggulangan kemiskinan yang digagas oleh Direktorat penanganan fakir miskin wilayah 1 Kementerian Sosial RI merupakan salah satu upaya mengentaskan kemiskinan, dalam menggerakkan potensi dan sumber daya fakir miskin melalui penumbuhan sektor ekonomi kerakyatan yang mendorong dan memberi kesempatan yang luas bagi kelompok masyarakat miskin yang diwarnai dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBe) yang dapat mengakses permodalan usaha dengan tujuan penguatan modal usaha ekonomi produktif (UEP).

BACA JUGA:  Mudahkan Pelayanan, Pengadilan Negeri Menggala Sosialisasikan Aplikasi SI JUHAN

Bambang Suharmanu juga menjelaskan menyikapi dinamika penyaluran bantuan sosial oleh pemerintah dari bantuan tunai ke nontunai, dari bantuan sosial pangan Rasta ke bantuan pangan non tunai diharapkan nantinya KUBe KUBe yang sudah terbentuk dan mendapatkan bantuan permodalan usaha dapat cepat beradaptasi dan bertransformasi menjadi usaha yang bekerja secara sinergis dengan pemerintah dalam hal penyaluran bantuan sosial kepada warga miskin di sekelilingnya.

BACA JUGA:  Satresnarkoba Polres Tulangbawang Menggerebek Rumah Tempat Penyalahgunaan Narkotika

Adapun yang dimaksud Kelompok Usaha Bersama (KUBe) himpunan dari keluarga yang tergolong masyarakat miskin yang dibentuk, tumbuh dan berkembang atas dasar prakarsa sendiri saling berinteraksi antara satu dengan yang lain dan tinggal dalam satuan wilayah tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas anggotanya meningkatkan relasi sosial yang harmonis memenuhi kebutuhan anggota memecahkan masalah sosial yang dialaminya dan sebagai wadah pengembangan usaha bersama. (Adi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bupati Tubaba Terima Kunjungan Gubernur DKI Jakarta

LAMPUNG1.COM-Tubaba:Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sambangi Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba) dengan tujuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.