Rabu , Mei 18 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Ombudsman RI Apresiasi Kinerja Pemkab Lamsel Pasca Tsunami

Ombudsman RI Apresiasi Kinerja Pemkab Lamsel Pasca Tsunami

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Provinsi Lampung mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan terhadap penyelenggaraan standar pelayanan publik pasca bencana tsunami akhir tahun 2018 lalu.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi terkait kajian Systemic Review pasca bencana tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan antara Tim Asisten Ombudsman RI dengan jajaran Pemkab Lampung Selatan yang berlangsung di ruang rapat bupati setempat, Rabu (15/05).

Kepala Keasistenan Pencegahan Bidang Mal Administrasi, Atika Mutiara Oktakevina mengatakan, diketahui sebelumnya, Ombudsman RI Perwakilan Lampung telah melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemkab Lampung Selatan berkenan dengan pelayanan kesehatan pasca bencana tsunami yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:  Matangkan Persiapan MTQ Ke-48 Pringsewu, Panitia Penyelenggara Gelar Rapat Pemaparan

“Setelah kami melihat langsung ke lapangan, jujur saja kami mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Atika Mutiara Oktakevina dalam pertemuan itu yang juga didampingi oleh tim asisten, yakni Singgih Samsuri, Alfero Septiawan dan Hidayat Pratama.

Menurutnya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Ombudsman memiliki wewenang untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik.

BACA JUGA:  Buntut Kasus Pemerkosaan, Warga Kepung Polsek Bandar Sribawono

“Kami tahu, untuk menangani hal-hal tersebut tidak mudah. Tetapi, yang kami lihat disini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan benar-benar bertanggung jawab atas musibah tsunami yang menimpa masyarakatnya,” imbuh Atika.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dalam kesempatan itu memaparkan langkah-langkah penanganan bencana tsunami yang dilakukan pihaknya, mulai dari awal kejadian hingga proses pembangunan hunian sementara (huntara).

Nanang juga mengatakan bahwa para pengungsi yang ditimbulkan akibat bencana tersebut hingga saat ini masih menerima bantuan distribusi pangan dari pemerintah. Selain itu, dia juga menjelaskan pembangunan hunian tetap (huntap) yang masih dalam proses.

BACA JUGA:  Warga Pringsewu Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

“Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan berusaha sebaik mungkin untuk melayani masyarakat, karena sudah menjadi tugas kami sebagai pelayan masyarakat,” pungkasnya.(Kmf/Lim).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Ratusan Masyarakat Pekon Sukamarga Hadir Dan Mendoakan Peratin Jaimin Yang Baru Dilantik

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Pasca pelantikan peratin (Kades) pekon sukamarga Kecamatan Suoh, ratusan masyarakat mendoakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.