Sabtu , Mei 14 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesisir Barat / Usai Lebaran, Masyarakat Pesisir Barat yang Membuat Adminduk Meningkat

Usai Lebaran, Masyarakat Pesisir Barat yang Membuat Adminduk Meningkat

LAMPUNG1.COM, Pesisir Barat – Usai lebaran, masyarakat yang melakukan pembuatan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mengalami peningkatan.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Drs. Anwarsyah mengatakan bahwa sejak hari pertama masuk kerja pada Rabu (12/6), jumlah masyarakat yang melakukan pembuatan dokumen kependudukan mengalami peningkatan.

“Dalam sehari jumlah warga yang melakukan pembuatan dokumen kependudukan mencapai 100 orang lebih, jumlah tersebut meningkat dari hari-hari sebelumnya sebelum lebaran,” kata dia.

BACA JUGA:  Kidim 0410/KBL Bedah Rumah Ibu Marlina Pada TMMD 109

Dijelaskannya, dalam membuat dokumen kependudukan, warga yang datang ke kantor pelayanan tidak hanya melakukan perekaman KTP-el, melainkan melakukan pembuatan dokumen kependudukan lainnya seperti kartu keluarga akta kelahiran atau kartu identitas anak (KIA).

“Banyak dokumen kependudukan yang dibuat oleh warga, mulai dari KTP-el, KK, akta kelahiran hingga KIA. Pembuatan dokumen kependudukan itu banyak digunakan untuk mencari kerja usai lebaran,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pembuatan dokumen kependudukan saat ini lebih cepat dan mudah, terutama dalam pebuatan kartu keluarga, karena sduah menggunakan tanda tangan elektronik sehingga, penerbitan KK lebih cepat.

BACA JUGA:  Bank BRI Beri Bantuan Modal UKM

“Untuk KK sekarang pembuatan da pnerbiatannya bisa lebih cepats, karena kita sudah menerapkan tanda tangan elektronik, sehingga apabila tidak ada kepala dinas KK tetap bisa kita terbitkan dan diserakan kewarga,” terangnya.

Sementara itu, untuk ketersedian blangkos, mulai dari blangko KTP-el, KK, Akta Kelahiran, dan KIA, masih aman hingga akhir juni mendatang, namun dalam pencetakan KTP-el masih bergantung pada kondisi jaringan

BACA JUGA:  Ekskavator Sudah Naik Kekapal dan Siap Menuju Lokasi TMMD 107 Kodim 1011/KLK

“Ketersediaan blangko KTP, KK dan blangko akta kelahiran di kantor pelayanan cukup untuk melayani masyarakat yang hendak membuat surat administrasi kependudukan hingga akhir Juni mendatang,” tandasnya. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sinergitas Pemprov, Karang Taruna Sukseskan Program KPB 

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung-Bentuk sinergitas Pemerintah Provinsi Lampung guna membangkitkan ekonomi kerakyatan kembali Karang Taruna ikut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.