Sabtu , Februari 22 2020
Home / Politik / KPU Way Kanan Tetapkan Caleg Terpilih Kabupaten Way Kanan

KPU Way Kanan Tetapkan Caleg Terpilih Kabupaten Way Kanan

LAMPUNG1.COM, Way Kanan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan periode tahun 2019-2024.

Pleno dihadiri oleh peserta pemilu, pihak terkait dan disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten way Kanan serta turut hadir Jajaran Forkopimda Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Way Kanan Darul Hafiz, S.i mengatakan Rapat Pleno Terbuka tersebut merupakan rangkaian akhir dari tahapan kepemiluan pada Pemilu 2019.

“Lama rangkaian kepemiluan telah dijalani. Tentu ini tahapan akhir dari kepemiluan,” ucap Darul Hafiz didampingi keempat Komisioner KPU Way Kanan di Aula KPU Kabupaten Way Kanan (22/07/19 ).

Darul menjelaskan, jika ditinjau ketentuan PKPU penetapan caleg untuk tingkat Kabupaten Way Kanan alami pengunduran waktu (keterlambatan) dari jadwal sesungguhnya.

“Hal itu dikarenakan lantaran dalam perjalanannya terjadi dinamika dimana ada beberapa partai Politik yang mengajukan gugatan. Namun, persengketaan sudah masuk dalam jadwal sidang MK,” kata dia.

Penetapan Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Way Kanan merupakan hasil keputusan KPU RI yang sebelumnya diajukan KPU Kabupaten Way Kanan sesuai hasil pleno di tingkat kabupaten Way Kanan.

Sebelumnya, berkas penetapan itu masuk dalam ajuan dan kajian di Mahkamah Konstitusi dan berita keputusannya diterima per tanggal (01/07/2019) hingga pada akhirnya ditetapkan KPU RI tertanggal (17/07/2019) lalu.

“Dengan surat tersebut maka KPU Kabupaten Way Kanan melangkah ke kegiatan hari ini,” terangnya.

Divisi Teknis penyelenggaraan Refki Dharmawan, S.H. membacakan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih

Pada pembacaan tersebut tidak ada keberatan dari saksi partai politik maupun Bawaslu.

“Saya sangat bersyukur telah selesainya tahapan penetapan kursi dan juga calon terpilih sebagaimana alokasi kursi terbanyak diperoleh oleh Partai Demokrat dengan 11 kursi, diikuti oleh PKB dan NASDEM 5 kursi, Gerindera, PDIP dan PAN 4 Kursi, Golkar dengan 3 kursi, serta PKS dan HANURA 2 kursi. Dengan Alokasi kursi ini sebanyak 40 kursi terhdap lima daerah pemilihan Dikabupaten Way Kanan,”tutup Refki.

Ketua KPU beserta Anggota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan juga sekretariat yang telah membantu dalam setiap tahapan yang ada.(Aszhari)

412 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Edward Antony Buka Perkemahan HUT Bhakti Baden Powell Tahun 2020

LAMPUNG1.COM, Way Kanan — Edward Antony Membuka Kegiatan Perkemahan dalam rangka HUT Bhakti Baden Powell …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!