Sabtu , September 18 2021
Home / Peristiwa / Brigif 4 Marinir/Bs Gelar Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia

Brigif 4 Marinir/Bs Gelar Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Brigade Infanteri 4 Marinir/BS menggelar upacara peringatan HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia yang di laksanakan di lapangan apel Mako Brigif 4 Marinir/BS Piabung Padang Cermin Pesawaran Lampung.(Sabtu 17/08/2019).

Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar yang diwakili oleh Perwira Staf Personel Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Letkol Marinir YD. Wawan Setiawan yang Bertindak selaku Inspektur Upacara dan selaku Komandan Upacara Kapten Marinir Arif Nugroho.

Dalam amanat Kepala Staf angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.e., M.M. yang dibacakan Paspers Brigif 4 Marinir/BS menyampaikan Selama 74 tahun kita sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang Berbhinneka Tunggal Ika dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam.

BACA JUGA:  Warga Kecamatan BNS Lambar Pertahankan Tradisi Malam Takbiran

Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh Negara-Negara besar yang telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. Jika tidak siap dan waspada Indonesia dapat saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas. Berbaurnya ancaman militer dan non militer mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. Oleh sebab itu, TNI Angkatan Laut berani berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju Angkatan Laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa untuk menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan.

Tahun ini pemerintah telah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia. Yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Tema ini menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang Matra Laut yang adalah komponen utama pertahanan dan keamanan Negara di laut sebagaimana digariskan dalam undang-undang negara Republik Indonesia tahun 1945.

BACA JUGA:  PWI Provinsi Lampung Gelar Workshop di Kabupaten Tuba

Sebelum mengakhiri amanatnya, ada beberapa penekanan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, sebagai berikut:
Pertama.tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta amalkan dalam kehidupan seharl-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan Negara. Kedua, jawab tantangan bangsa ke depan. Dengan upaya membangun sdm TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada sumpah prajurit. Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut. Ketiga, kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang tidak pasti, kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif. Keempat jalin semangat persatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat dan tingkatkan jiwa kekeluargaan sesama prajurit TNI Angkatan Laut. Kelima, teruskan perjuangan mengisi kemerdekaan dengan berpegang teguh pada nilal-nilai juang 1945 menuju Indonesia yang mandiri, Maju. Adil dan Makmur.

BACA JUGA:  Malam Bukan Alasan untuk Selesaikan Pembangunan di TMMD 108

Turut hadir dalam upacara tersebut Pasintel Brigif 4 Mar/BS Letkol Mar Imanda ST. Dankima Brigif 4 Mar/BS Mayor Mar Siswanto, Pasi Ops Yonif 7 Mar Kapten Mar Rinto, para Perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS dan pererta upacara. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Pringsewu Sahkan Enam Ranperda

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Enam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *