Senin , Oktober 21 2019
Home / Ruwa Jurai / Lampung Barat / Ekspose Gerak Tari dan Musik Tari Batin Sekala Bekhak

Ekspose Gerak Tari dan Musik Tari Batin Sekala Bekhak

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat. Salah satu wujud kecintaan pada seni tradisi, Sanggar Seni Setiwang melalui sejumlah Penata Tari dan Penata Musik, melaksanakan Studi Penelitian dan Eksplorasi Gerak serta Musik Tari Batin karya Pun Pusekam Ratu Sumbahan Marga Liwa/ Sai Batin Marga Liwa V, almarhumah Ratu Hj. Siti Maisuri binti M. Athorid. Rabu (14/08/19)
Ekspose tersebut berlangsung menindaklanjuti Surat Undangan Ekspose dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Bulki  SPd MM tertanggal 13 Agustus 2019, maka pada hari yang sama,Selasa Malam  pukul 19.30 WIB bertempat di Sekretariat Sanggar Seni Setiwang, dilakukan ekspose karya dimaksud.
“Lamban Gedung Marga Liwa mengapresiasi kegiatan ini, bukan hanya terbatas pada seni tradisi di Marga Liwa sendiri, tetapi lebih luas ke khazanah kekayaan leluhur Sekala Bekhak. Terimakasih kepada segenap penata tari dan penata musik, saya menyampaikan salam hormat dari Pun Indrapati”, ungkap Ahmadi, SH. Juru Bicara Sai Batin Marga Liwa.
Lanjut Ahmadi, semoga nantinya Tari Batin ini menjadi salah satu tarian resmi penyambutan tamu-tamu penting Pemerintah Daerah. Lamban Gedung tidak berkeberatan jika tarian ini diajarkan keseluruh lapisan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.
Untuk diketahui, Tari Batin diciptakan oleh Ratu Marga Liwa V, Kajjong Dalom (Nenek) dari Pun Pusekam Suntan Pangeran Indrapati Cakranegara VII (Sai Batin Marga Liwa berkedudukan di Negeri Agung, Pekon Way Empulau Ulu) Muhammad Harya Ramdhoni, M.Soc.Sc, Ph.D pada sekitaran tahun 1950.
Turut hadir pada ekspose ini, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat, Ahmad Syukri, S. Pd., Kabid Kebudayaan, Riadi Andrianto, SH., Bapak Riswanda dan Ibu Hj. Choironi seniman Marga Liwa, pengurus Sanggar Seni Setiwang, Ketua Dewan Adat kepaksian Nyerupa, serta ibu-ibu dari Penggampungan Batin Marga Liwa.(Sumarlin)

2,783 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Tmbuhkan Semangat warga dan Anggota Satgas TMMD ke-106, Dansatgas Ikut Bekerja dalam Pembangunan

LAMPUNG1.COM, Suoh – Sebagai penyemangat di pagi hari bagi warga Satgas TMMD ke-106, Kapten Arm …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *