Minggu , Agustus 18 2019
Home / Kesehatan / Peduli Kesehatan Calon Jemaah Haji, AKHI Lampung Gelar Penyuluhan Kesehatan

Peduli Kesehatan Calon Jemaah Haji, AKHI Lampung Gelar Penyuluhan Kesehatan

LAMUNG1.COM, Bandar Lampung – Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung adakan penyuluhan kesehatan pada jamaah haji Provinsi Lampung, di Asrama Haji Provinsi Lampung.

Penyuluhan tersebut dimulai 10 Juli hingga 04 Agustus 2019 yaitu sejak jemaah haji masuk asrama haji hingga keberangkatan Kelompok terbang (Kloter) terakhir.

Penyuluhan tersebut diawali denganpemeriksaan kesehatan dan kebugara calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini.

Kegiatan tersebut merupakan kewajiban bersama antara pemerintah, AKHI Lampung, jemaah haji dan masyarakat untuk mewujudkan istithaah kesehatan jemaah haji melalui program pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji.

Rangkaian kegiatan berikutnya di dalam gedung, diisi dengan penyuluhan-penyuluhan kesehatan dan penyampaian informasi terkait pelaksanaan ibadah haji.

Dalam kesempatan tersebut Marjunet Danoe, SKM, M.Kes selaku Kepala KPP Provinsi Lampung, menjelaskan beberapa tahapan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji yaitu, pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang dilakukan di Puskesmas/klinik, pembinaan masa tunggu, pemeriksaan kesehatan tahap kedua (rumah sakit kabupaten/kota), pembinaan masa keberangkatan, serta pemeriksaan kesehatan tahap ketiga yang diselenggarakan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi bidang Kesehatan.

dr. Zam Zakarias, Sp.S., M.Kes Selaku Ketua AKHI LAmpung mengatakan, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji ini adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji sehingga mencapai istithaah kesehatan haji.

“Pentingnya para calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk selalu memelihara kondisi kesehatannya walaupun sudah dinyatakan Istithaah Kesehatan, karena tidak tertutup kemungkinan akan berubah menjadi kondisi yang tidak laik untuk berangkat, disebabkan lalai menjaga dan meningkatkan kesehatan dirinya,”. ujar dr.Zam.

Terkait kesehatan jemaah haji dr. Zam menghimbau seluruh calon jamaah haji banyak mengonsumsi air putih selama berada di tanah suci. Lalu makan makanan yang bergizi serta meminum vitamin agar tubuh tetap fit.

“Termasuk juga diharapkan untuk dapat mengurangi kegiatan-kegiatan di luar ruangan yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan ibadah,” tandasnya.

dr. Rahmi pengurus AKHI Lampung sekaligus dokter yang bekerja di KKP Provinsi Lampung menambahkan bahwa dari Provinsi Lampung terdata ada 19 kloter dengan jumlah 7391 calon jemaah haji. Adapun calon jemaah haji yang tertunda di embarkasi berkisar 7 orang di karenan kondisi kesehatan yang memburuk.

Dari AKHI Lampung yang ikut berpartisipasi dr.Isura, Handy, Yuli, Faizuna, Ratu, Lisda, dr. Ayu, Jamrul, Zainal, Maryati, Robby, Ratna, Lusita, Eko, Ajie, Jhons FS, Hanny, Fendi, Handy, dr.Retha, David, Jamrul, Novita, Yatni dan lain-lain. (Red)

110 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Peringati HUT RI Ke-74, Pekon Sukamarga Gelar Berbagai Macam Perlombaan

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Pekon (Desa) Sukamarga Kecamatan Suoh, mengadakan berbagai lomba dalam rangka peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!