Selasa , Juli 5 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Timur / Wakil Rakyat Minta Pengelola TNWK Serius Atasi Kebakaran Hutan & Lahan

Wakil Rakyat Minta Pengelola TNWK Serius Atasi Kebakaran Hutan & Lahan

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang menimpa puluhan hektar lahan didalam kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur, mendapat sorotan dari wakil rakyat di DPRD setempat.

Wakil Rakyat dari Fraksi PDIP, Made Tangkas, pada (10/8), menegaskan Hutan Lindung Way Kambas, merupakan salah satu aset penting, yang berfungsi sebagai “paru-paru dunia”, sehingga wajib dijaga dan dilestarikan secara baik.

BACA JUGA:  Diduga Rudapaksa Adik Ipar, Pria Ini Ditangkap Satreskrim Polres Tanggamus

Oleh karena itu, pihaknya sangat menyesalkan masih terus berulangnya kejadian kebakaran hutan dan lahan, yang selalu terjadi setiap tahunnya, khususnya pada musim kemarau, yang disinyalir telah merusak ratusan hektar kawasan hijau di Hutan Lindung kebanggaan warga masyarakat.

“Kami berharap Pihak Pengelola TNWK tidak main-main, mengambil langkah untuk mengantisipasi terjadinya aksi pembakaran hutan, yang disinyalir dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab”, tegas Made Tangkas.

BACA JUGA:  Pelaksanaan Bedah Rumah Ibu Tatik Oleh Kodim 0410/KBL di Lokasi TMMD 109

Menyikapi hal tersebut, Divisi Humas Balai TNWK, Sukatmoko, menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran lahan memang terjadi di beberapa wilayah didalam kawasan hutan lindung Way Kambas, dan kasus terahir terjadi diseksi III RPTN Margahayu, dengan luas area yang terbakar sekitar 25 hektar.

“Untuk mengatasi kejadian kebakaran ini, kami selalu berkordinasi dengan Kepolisian, TNI, dan warga disekitar lokasi penyangga hutan, untuk melakukan proses pemadaman, dan untuk menekan terjadinya pembakaran hutan, Polisi Kehutanan juga selalu melakukan patroli secara rutin”, jelasnya. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

PWI Provinsi Lampung Terima Kunjungan KPPU

LAMPUNG1.COM,Bandarlampung–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menerima kunjungan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Kunjungan itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.