Selasa , Juli 5 2022
Home / Nasional / Kodim Cilacap Gelar Rapat Koordinasi Persiapan TMMD 106

Kodim Cilacap Gelar Rapat Koordinasi Persiapan TMMD 106

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Kodim Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan TMMD 106 yang akan dibuka pada 2 Oktober 2019 mendatang di Desa Cilibang, Kecamatan Jerklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rakor dipimpin oleh Kasdim Cilacap Mayor Inf A. Rofiq Alfian, Kepala Bapermades Kabupaten Cilacap dan diikuti oleh perwakilan pemerintah daerah serta pihak terkait. Dalam paparannya Kasdim  mengungkapkan, TMMD 106 Kodim Cilacap merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat.

Selain itu, TMMD ini  merupakan bagian dari upaya membantu Pemerintah Daerah  dalam pembangunan kewilayahan. “TMMD 106 bagian dari tugas kami sesuai dengan UU 34 Tahun 2004. Ada 14 item di dalamnya, salah satunya adalah membantu pembangunan pemerintah daerah,” kata Mayor Inf A. Rofiq Alfian, Rabu (25/09/2019) pagi.

BACA JUGA:  Bupati Winarti Launching Program Bedah Rumah Baznas

Mayor Inf A. Rofiq Alfian juga menjelaskan, TMMD 106 menjadi aplikasi dari bimbingan teritorial yang mencakup komunikasi sosial, Bhakti TNI serta pembinaan ketahanan wilayah.

Menurut Rofiq,  koordinasi sebelum pembukaan TMMD ini penting dilakukan untuk memastikan seluruh persiapan sudah dilakukan sebelum pembukaan. Selain itu, sinergitas antara TNI, Pemerintah Kabupaten, dan juga pihak-pihak terkait juga harus sudah terjalin.

“Koordinasi harus sudah rampung sebelum TMMD 106 Kodim Cilacap dibuka. Karena kegiatan ini melibatkan banyak unsur, mulai TNI, Pemerintah Kabupaten, Polri, BUMN – BUMD hingga masyarakat umum. Kami harus berkoordinasi agar kegiatan bisa berjalan lancar,” ujarnya.

BACA JUGA:  Luar Biasa Semangat Gotong Royong TNI dan Warga di Lokasi TMMD

Sementara itu, program TMMD 106 meliputi sejumlah program fisik dan nonfisik yang akan digelar di lokasi.

Program fisik salah satunya mencakup, pembangunan jalan makadam sepanjang 450 X lebar 2.5 meter, pengaspalan jalan sepanjang 450 X 2.5 meter, pembangunan gorong-gorong plat 5 unit, pembangunan talud 60 meter, pembangunan leneng, pembangunan MCK 2 unit dan rehab RTLH sebanyak 20 unit.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa, pelayanan pengobatan gratis, pelayanan KB, pelatihan pengolahan pangan lokal, pembuatan akte kelahiran gratis (dibawah 1 tahun), penyuluhan tentang hama, bencana alam, bela negara, narkoba serta penyuluhan PBB, pelatihan service elektronik, pembuatan pupuk, indrustri kecil dan pengemasan produk, sosialisasi DPD baru dan Tramtibbmmas serta babtuan alat pertanian, alat pengemas produk dan benih ikan dan lain lain.

BACA JUGA:  Hati-hati ! Jalinbar Batu Keramat Marak Tindak Kejahatan

“Anggaran TMMD 106 Kodim Cilacap sejumlah RP. 1.127.900.000,- anggaran tersebut berasal dari, APBD Provinsi RP. 190.000.000,-, APBD Kabupaten RP. 300.000.000,- dari Mabes TNI guna mendukung SSK RP.  322.900.000,-  dan anggaran sasaran fisik tambahan RP. 300.000.000,- ” paparnya. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Empat Pemain Perssoci Lampung Masuk Rumah Sakit, Pelatih Layangkan Protes Tidak Ditanggapi

LAMPUNG1.COM,Palembang — Tim Perssoci Lampung tingkat SMP yang turun dalam iven Festival Olahraga Rekreasi Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.