Sabtu , Juli 2 2022
Home / Nasional / Kopda Tofiq Pelajari Cara Menanam dan Memanen Buah Waluh Dari Warga

Kopda Tofiq Pelajari Cara Menanam dan Memanen Buah Waluh Dari Warga

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap merupakan salah satu daerah yang penduduknya mengandalkan hasil pertanian dalam melangsungkan ekonomi. Berbagai macam tanaman baik itu sayur mayur, maupun buah-buahan mereka tanam.

Salah satu yang digeluti Darkem (58) Warga Dusun Kalirau, selain membuat kue gemblong juga menanam tanaman waluh, karena tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun tinggi, bahkan hingga ketinggian 1500 meter diatas permukaan air laut.

BACA JUGA:  Sejumlah Fasilitas Umum Di Dander Disemprot Disinfektan Oleh Tim Gugas Bojonegoro

Dengan tidak menyalahi aturan dalam penanaman ini, Darkem dapat memetik hasil tanamannya dalam waktu yang tidak lama. Ia setiap hari setelah berjualan gemblong selalu merawat tanaman waluhnya.

“Tanaman waluh ini dapat hidup dimana saja. Nah kalau untuk mendapatkan hasil yang baik dan cepat tentunya dalam penanamannya harus dilahan yang gembur, subur dan tidak terlalu mengandung air  serta memiliki derajat keasaman (PH) yang baik sekitar 5,5 hingga 7,” jelasnya, Sabtu (21/9/19).

BACA JUGA:  Satgas TMMD 110 Bojonegoro Laksanakan Pendampingan Swasembada Pangan

Ia melanjutkan, untuk lahan yang akan digunakan menanam waluh cukup terpapar cahaya matahari langsung sekitar 4 jam atau 8 jam sehari.

Saat Kopda Tofiq Hidayat bertandang ke rumah Darkem bertepatan dengan
pemanenan buah waluh, sehingga Babinsa Jeruklegi ini dapat menyaksikan dan mengetahui cara penen waluh. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kapolres Pringsewu Buka Kegiatan SES Hari Bhayangkara ke-76 ORARI Loka

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Memperingati HUT ke-76 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) atau yang dikenal sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.