Selasa , Juli 5 2022
Home / Ruwa Jurai / Pesisir Barat / Pemerintah Pekon Kampung Jawa Musyawarah RKP Tahun 2020

Pemerintah Pekon Kampung Jawa Musyawarah RKP Tahun 2020

LAMPUNG1.COM, Pesisir Barat – Pemerintah Pekon (Desa) Kampung Jawa menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tentang Rencana Kerja Pembangunan (RKP) untuk tahun 2020, di Balai Pekon setempat, Senin (02/08/2019).

Selain infrastruktur, musywarah tersebut juga membahas tentang Program inovasi Desa di bidang Kesehatan, Pendidikan Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pekon yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Pratin (Kepla Desa) Kampung Jawa Arief Mufti mengatakan, program yang dibahas adalah tentang inovasi desa yang sudah berjalan di Pekon Kampung Jawa diantaranya bidang kesehatan, pendidikan dan UMKM bertujuan untuk mengevaluasi dan memaksimalkan program tersebut.

“Di bidang kesehatan sudah ada 250 jiwa warga Pekon Kampungjawa yang menerima Kartu Pekon Sehat. Lainya sudah masuk daftar peserta KIS dan BPJS Mandiri, namun bagi yang belum ter-cover jaminana kesehatan tolong lapor membawa Kartu keluarga ke balai pekon karena tahun 2020 kita menambah kuota menjadi 350 hingga 400 jiwa, sehingga masyarakat kampung jawa tidak ada yang tidak bisa berobat,” Jelas Arief

BACA JUGA:  Pemerintah Realisasikan Bonus Bagi Atlit Berprestasi Di Lampung Timur

Dilanjutkan Arief, untuk bidang pendidikan siswa berprestasi yang di terima di perguruan tinggi yang sebelumnya diberikan tali asih sebesar 1,5 juta rupiah menjadi 2 juta rupiah. Selain itu, di pemerintah pekon memberikan inovasi untuk membantu memberikan bantuan buku gratis dari tingkat Sekolah Desar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Untuk tali asih siswa berpartisipasi kita tambah, bahkan kami menyiapkan program bagi keluarga yang tidak mampu dan memenuhi syarat mendapatkan beasiswa hingga tuntas di perguruan tinggi dengan catatan memenuhi syarat yang di tentukan, selain itu pemerintahan pekon juga memberikan buku tulis gratis Untuk SD sebanyak 18 buah, untuk SMP dan SMA menerima 24 buah. Jadi tolong untuk warga kampung jawa memberikan data anaknya yang sekolah,” Kata Arief.

BACA JUGA:  Kapolres Lampung Barat Lakukan Pengamanan Terbuka dan Tertutup

Dibidang UMKM juga pekon KampungĀ  Jawa berinovasi dengan memberikan bantuan sebesar Satu juta Rupiah per-UMKM, namun bantuan itu berupa barang yang diperlukan.

Arif berharap, dengan Musyawarah ini dapat memberikan pelayanan yang baik, berinovasi yang baik sesuai peraturan yang ada, dan menjadikan Pekon kampungjawa sebagai contok bagi pekon yang lain.

Sementara, Darma Saputra, Tenaga Ahli Infrastruktur Desa kabupaten Pesisir Barat mengapresiasi pemerintahan pekon kampung jawa dengan program inovasi desa nya. “Pekon kampung jawa ini satu-satunya di pesibar pekon yang berinovasi di, ini sehatusnya di contoh untuk pekon yang lain. saya juga berharap agar pekon kampung jawa bisa memaksimalkan Badan usaha milik desa, sehingga anggaran yang digunakan untuk inovasi desanya tidaj hanya bersumber dari DD dan ADD,” kata Darma. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Pemerintah Lampung Timur Saksikan Ikrar Jemaah Khilafatul Muslimin, Setia Pada NKRI

LAMPUNG1.COM, Puluhan Jemaah Khilafatul Muslimin, di Kabupaten Lampung Timur, memutuskan untuk tetap setia pada Negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.