Senin , Juli 18 2022
Home / Nasional / Tidak Punya Sawah, Radi Manfaatkan Pohon Kelapa Untuk Pembuatan Gula Merah

Tidak Punya Sawah, Radi Manfaatkan Pohon Kelapa Untuk Pembuatan Gula Merah

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Tak memiliki sawah seperti petani pada umumnya, Radi, warga Dusun Kalirau selain membantu pelaksanaan program TMMD 106 Kodim Cilacap juga memanfaatkan pohon kelapa untuk bahan pembuatan gula merah. Dengan kegiatannya tersebut ia setiap hari memanjat pohon kelapa satu ke pohon Kelapa lainnya  untuk memasang bumbung yang terbuat dari bambu sebagai tempat air nira.

Dengan keuletan dan ketekunannya, walaupun di musim kemarau seperti saat ini, ia mengaku setiap harinya bisa menghasilkan gula merah rata-rata per hari 8 kg dan saat musim hujan bisa mencapai 14 kg.

BACA JUGA:  Anggota Gakkumdu Polres Tuba Kecewa Karena Komisioner Panwaslu Tidak Disiplin Waktu

“Kalau musim kemarau saya mendapatkan 8 kg gula merah dan jika musim penghujan bisa mencapai 14 kg. Itupun tergantung kemauan kita karena memanjat pohon kelapa ini memerlukan keberanian,” kata Radi, Senin (23/9/19).

Lebih jauh ia menceritakan pengalamannya saat memanjat pohon yang setiap harinya ia lakukan dalam memanjat pohon Kelapa sebanyak 27 pohon setiap hari dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Ia melakukan ini tentu pagi hari sebelum berangkat kerja bakti dalam program pra TMMD 106 Cilacap dan mengambil air nira setelah selesai kerja bakti.

BACA JUGA:  Pemkab Tanggamus Hibahkan Lahan untuk Pembangunan Mako Brimob

“Saya sebelum berangkat kerja bakti di pra TMMD 106 Kodim Cilacap memasang bumbung dan mengambil bumbung yang kemarin sudah terpasang selesai kerja bakti terlebih dahulu. Untuk saat ini harga perkilogram gula merah Rp. 13.000,” pungkasnya.(Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Ketua DPRD : “Banyak Pohon Di Metro Rawan Tumbang, Dinas Terkait Harus Peka”

LAMPUNG1.COM, Wakil Rakyat DPRD Kota Metro, mengharapkan Pemerintah melalui dinas terkait, segera mengambil langkah tehnis, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.