Selasa , Mei 25 2021
Home / Nasional / Atasi Kemarau Panjang, Satgas TMMD Gali Sumur Tua Untuk Pertanian

Atasi Kemarau Panjang, Satgas TMMD Gali Sumur Tua Untuk Pertanian

LAMPUNG1.COM, Cilacap – Musim kemarau panjang yang terjadi sekarang ini, membuat Satgas TMMD Reguler 106 Kodim Cilacap melakukan beberapa upaya dalam penggalian sumur tua di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hal ini untuk mengatasi krisis air pertanian di musim kemarau panjang seperti ini.

Melihat keadaan pertanian yang mulai mengering dan gagal panen akibat dari tidak adanya air yang mengairi pertanian mereka. Personil Satgas TMMD langsung merespon aspirasi petani setempat dengan mulai membersihkan sumur dari sampah, agar air dapat mengalir ke sawah. Jumat (25/10/2019).

BACA JUGA:  Ibu-Ibu PNS Kodim 0727/Karanganyar Turut Andil di Penutupan TMMD Reg-109 Karanganyar

“Sekarang sumur ini sudah siap untuk digunakan kembali oleh para petani walau hanya untuk sekedar menyiram tanaman, air sumur ini sudah sangat cukup untuk menyiram tanaman pertanian disini,” jelas Kopda Taufik.

Sementara itu Babinsa Koramil 02 Jeruklegi, Sertu Jumadi, mengatakan, bahwa sumur yang digali ini, memang memiliki debit air yang sangat baik dan dulunya sering digunakan warga desa setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih walaupun di musim kemarau seperti ini.

BACA JUGA:  Terus Pelopori Patuh Protokol Kesehatan di Lokasi TMMD

“Di Desa Cilibang ini memang banyak sumur-sumur warga setempat yang sudah mengering akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Namun, salah satu sumber mata air sumur ini tidak pernah mengering walaupun musim kemarau panjang seperti ini,” Ungkapnya.

Selain menggali dan membersihkan sumur, lanjutnya, personil Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap bersama masyarakat juga membuat saluran irigasi menuju perkebunan terdekat, yang akan dialirkan air dari dalam sumur ini. (Red).

About admin

Check Also

MTQ dan Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Secara Resmi Ditutup Pj. Bupati Labuhanbatu, Ini Kata Ketua Lasqi

LABUHANBATU, Lampung1.com – Alhamdulillah kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Festifal Nasyid ke 35 Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *