Selasa , November 19 2019
Home / Kesehatan / Gubernur Arinal Bangun Kesadaran Hidup Sehat dengan Gerakan Ayo Minum Air

Gubernur Arinal Bangun Kesadaran Hidup Sehat dengan Gerakan Ayo Minum Air

LAMPUNG1.COM, BANDAR LAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat dengan Gerakan Ayo Minum Air (Amir).

Upaya Gubernur ini diwujudkan dengan melakukan Training of Trainer Gerakan Ayo Minum Air (Amir), di Balai Keratun Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Kamis (17/10/2019).

“Dengan memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk memiliki kebiasaan akan gaya hidup sehat seperti minum air putih yang cukup diharapkan akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya,” ujar Asisten Asministrasi Umum Chandri saat mewakili Gubernur Lampung membuka acara Training of Trainer itu.

Menurut Chandri, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan keberhasilan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas ). Salah satu langkah konkretnya dengan Gerakan Amir.

Disampaikan Chandri, kebiasaan hidup sehat harus sudah diperkenalkan sejak dini, dari anak anak usia sekolah dasar. Dengan demikian kebiasaan hidup sehat tertanam dan dilaksanakan oleh para siswa, sehingga mereka dapat melaksanakan pola hidup bersih dan sehat hingga dewasa.

“Perlu dilakukan pendidikan kesehatan pada anak-anak sejak dini. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan dokter kecil sebagai agen perubahan adalah tempat yang tepat untuk memulai edukasi tentang kesehatan,” kata Chandri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tambah Chandri, Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri. Oleh karena itu diperlukan dukungan dan peran serta semua pihak. “Untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah suatu hal yang mudah karena masalah kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab bersama setiap individu, masyarakat, pemerintah, swasta/dunia usaha dan stakeholder terkait”, ujar Chandri.

Hadir sebagai mitra Pemerintah dalam acara ini Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Provinsi Lampung dr. Pad Dilangga SP.P.

Dia menyampaikan, paradigma sehat dapat dicapai dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini pada masyarakat, termasuk anak-anak sekolah.

Sebagai Upaya mengimplementasikan Gerakan Ayo Minum Air (AMIR) di sekolah, Persi bersinergi dengan Pemerintah akan berperan aktif mensosialisasian gerakan tersebut.

Acara ini mengusung tema “Gerakan Edukasi Kesehatan Nasional”. Salah satunya Gerakan Amir yang akan disosialisasikan di 5 Provinsi yaitu DKI Jakarta, Bali, DI Yogyakarta, Lampung, Sulawesi Selatan.

“Gerakan ini menjadi salah satu bentuk konkret sumbangsih Persi kepada dunia kesehatan di Indonesia dan dapat menjadi organisasi yang dapat menjembatani kerjasama antara beberapa pihak, sehingga program ini menjadi satu visi menuju Indonesia Sehat dan tentunya Lampung berjaya,” kata Pad Dilangga. (Red)

6,144 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono Sosialisasikan Penerimaan Polisi Tahun 2020

LAMPUNG1.COM, Lampung Barat – Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono,SH. bersama Kanit Lantas Ipda Sitompul dan kanit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!